Peringati Sumpah Pemuda, Uniyap Papua Kumpulkan 1000 Cap Tangan

Bentangan kain putih tanda cap tangan serta tanda tangan ribuan pemuda pemudi di Kota Jayapura
JAYAPURA — Untuk merefleksikan fungsi pemuda pemudi dan memeriahkan hari Sumpah Pemuda ke-87 tahun. Sekitar 60-an mahasiswa Universitas Yapis (Uniyap) Papua menggelar aksi 1000 tangan pemuda pemudi Papua, terpusat di Taman Imbi, Kota Jayapura, Rabu (28/10/2015).
Salah satu massa aksi, Halimah mengatakan, sebelum melakukan orasi di Taman Imbi, massa melakukan konvoi dari kampus yang berlokasi di Dok V Yapis, Jayapura Utara, Kota Jayapura, menuju weref, hamadi angkatan laut.
“Kami lanjut putar ke entrop mencari pemuda untuk menantangani kain putih serta tanda tangan,” kata Imah sapaan akrabnya, Rabu (28/10/2015).
Tanda tangan dan cap tangan bukan dikhususkan kepada mahasiswa saja, lanjutnya, melainkan kepada seluruh pemuda pemudi yang ada di Kota jayapura. “Ini sebagai partisipasi untuk membangun mental pemuda pemudi dengan memberikan mereka refleks arti dari pemuda di masyarakat, Ayo majulah pemuda pemudi Papua,”sebutnya.
Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Uniyap Papua, Azies Bauw usai memberikan orasi di taman Imbi Kota Jayapura mengaku kegiatan tersebut hanya internal kampus, namun sejak adanya kegiatan menyongsong hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini, sejumlah organisasi-organisasi pemuda di Kota Jayapura tak ada respon positif.
“Saya merasa prihatin melihat pemuda-pemuda, terutama dengan organisasi kepemudaannya, seperti KNPI yang kini tercabik-cabik, karena berbagai kepentingan,” kata Azies.
Hari ini, lanjutnya, sebagai bukti pihaknya ingin pemuda pemudi di Papua, secara khusus di Kota Jayapura untuk bangkit membangun negara, setelah ditinggalkan para pejuang yang wajib dilanjutkan oleh pemuda pemudi. 
“Pemuda pemudi harus bangkit berjuang mengisi pembangunan di tanah Papua ini,” ujarnya.
Kain putih sepanjang 8 meter dipenuhi tandatangan dan cap tangan pemuda pemudi

Orasi salah satu perwakilan mahasisw, saat unjuk rasa berlangsung
RABU, 28 Oktober 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...