Pertamina Segera Umumkan Harga Baru BBM Bersubsidi

Terminal Bahan bakar Minyak (TBBM) Pertamina [ilustrasi]
SEMARANG — PT. Pertamina ( Persero ) berencana akan mengumumkan harga baru bahan bakar minyak ( BBM ) jenis bensin premium dan solar bersubsidi pada hari Kamis (08/09/15) bersamaan dengan pengumuman paket Kebijakan Ekonomi Jilid III.
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan efisiensi besar – besaran di semua lini, mulai dari pengadaan minyak mentah, sistem pengolahan dan rantai sistem distribusi.
Diharapkan efisiensi tersebut berdampak pada penurunan harga. Meski disebutkan dengan harga BBM jenis premium mengaku merugi hingga 15 triliun Rupiah, Namun Pertamina masih bisa meraih keuntungan dari penjualan produk – produk lainnya.
” Kami menghitung, sepanjang periode Januari – Agustus 2015, Pertamina masih bisa meraih total laba keuntungan sebesar 11 triliun – 12 triliun Rupiah, jadi total secara keseluruhan sebenarnya kami masih meraup keuntungan ” jelas Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto dalam siaran pers yang diterima Cendana News, Selasa (06/10/2015).
Disebutkan, pihaknya berusaha meyakinkan bahwa rencana penurunan harga beberapa jenis BBM tidak akan menggerus keuntungan yang selama ini diraih, karena didapat dari efisiensi yang diperoleh pengetatan biaya produksi.
Sementara itu, untuk saat ini harga BBM bersubsidi jenis premium untuk wilayah Jawa, Bali dan Madura Rp. 7.400 / liter, di luar ketiga wilayah tersebut sebesar Rp. 7.300 / liter. Sedangkan harga BBM bersubsidi jenis solar secara nasional berada di kisaran Rp. 6.750 / liter.
SELASA, 06 Oktober 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...