Pertumbuhan Wirausaha, Dinas Koperasi Diminta Jangan Asal Klaim

Gubernur NTB, Zainul Majdi saat melantik pengurus Forum koperasi syari’ah NTB di hotel Grand Legi Mataram
MATARAM — Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zainul Majdi meminta kepada semua Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah lingkup Pemda NTB, khususnya Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah supaya dalam mengukur keberhasilan program tidak sekedar main klaim, tapi harus punya tolak ukur yang jelas.
Hal tersebut disampaikan Majdi saat bebicara di hadapan ribuan masyarakat pelaku UMKM NTB yang hendak mendapatkan pelatihan ekonomi syari’ah di hotel Grand Legi Mataram.
“Harus ada tolak ukur jelas, apakah program melahirkan wirausaha baru itu berhasil atau tidak, jangan asal main klaim, kalau hanya memberikan pelatihan kepada masyarakat pelaku UMKM yang sudah ada, itu bukan keberhasilan namanya,” kata Majdi di Mataram, Senin (19/10/2015).
Dikatakan, program melahirkan wirausaha baru itu baru dikatakan berhasil, manakala, Dinas Koperasi dan UMKM mampu melahirkan dan membina pemuda lulusan perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan Dinas Koperasi dan UMKM NTB, dari tidak memiliki usaha menjadi punya usaha.
Dalam kesempatan tersebut Majdi juga mengingatkan kepada para UMKM maupun peserta lain yang belum memiliki usaha yang ikut supaya betul – betul memanfaatkan pelatihan tersebut dan tidak hanya sekedar berkumpul, tapi harus ada tidak lanjut dengan memulai usaha berbekal pengetahuan didapatkan.
“Menjadi wirausaha tidak cukup hanya dengan banyak mengkuti pelatihan semata, tapi juga harus lebih banyak praktinya, pelatihan yang diberikan hanya sekedar pendorong semangat dan pengetahuan, selebihnya kita sendiri yang harus sudah memulai menjalankan usaha dengan praktik,” katanya.
Ditambahkannya, sebagai upaya mendorong tumbuhnya wirausaha baru, khususnya di kalangan anak muda dan lulusan perguruan tinggi, Pemda NTB terus berupaya semaksimal mungkin lebih banyak mengalokasikan Dana Alokasi Khusus yang diproleh dari pemerintah pusat melalui APBN. 
SENIN, 19 Oktober 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...