Pilkada Serentak Gairahkan Bisnis Advertising di Balikpapan

Aktivitas salah satu bisnis percetakan di Balikpapan
BALIKPAPAN — Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung di daerah ternyata memberikan kesegaran pada bisnis advertising. “Masa pilkada yang lagi berlangsung ini, jadi banyak pesanan meskipun belum masa memasuki masa kampanye,” kata pemilik sebuah bisnis advertising Kusuma Djaja Bambang Irawan.
Menurutnya, sejak masa pilkada berjalan, pemesanan baliho, stiker dan benda advertising lainnya untuk kampanye kampanye permintaannya meningkat. Seperti yang sering terjadi saat Ramadan dan lebaran.
“Pesanan naik turun. Pada moment tertentu mengalami kenaikan, kadang sepi. Pesanan juga datang dari klien yang mengadakan kegiatan,” ungkapnya disela aktivitasnya, Senin (26/10/2015).
Kusuma memperkirakan volume peningkatannya berkisar 50 persen dari kondisi normal saat musim kampanye. Kondisi Itu juga yang terekam saat musim pemilihan legislatif lalu. 
“Branding itu stiker gambar pasangan yang dipajang di mobil. Lebih ramai memang kami sampai kuwalahan,” pukaunya.
Meski pesanan membumbung lanjutnya harga yang dipatok juga tidak naik. Padahal mayoritas bahan produksi mengalami kenaikan harga. 
“Kalau musim kampanye gak bisa jual tinggi karena jumlah pesanan banyak. Beda kalau pesanan reguler yang satuan pesanan juga tidak banyak, harganya normal,” lanjutnya bersemangat.
Adapun mekanisme pembayaran untuk pesanan diperketat. Mewajibkan pembayaran uang muka 50 persen saat pemesanan dan melunasi setelah barang rampung dikerjakan.
 “Kalau belum melunasi barang tidak akan kami kasih. Kami tidak mau ambil risiko,” ujarnya.
Harapannya pilkada dapat menggairahkan bisnis tersebut dikemukakan pelaku usaha sejenis yang berkantor kawasan A Yani. 
“Harapan cukup besar memang pilkada apalagi krisis seperti sekarang,” tukas Supri, salah satu pekerjanya.
Ia menambahkan saat ini edisi pilkada, pesanan spanduk mendominasi. Disusul stiker hingga umbul-umbul.

SENIN, 26 Oktober 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...