Pohon Tumbang di Manado, Jalur Trans Sulawesi Macet 6 KM

Pohon tumbah ke badan jalan
MANADO — Pohon tumbang yang terjadi di ruas jalan Wolter Mongisidi Manado pada Kamis (08/10/2015) pagi, mengakibatkan jalur Trans Sulawesi menjadi macet sepanjang 6 km. Pantauan Cendana News di tempat kejadian perkara (TKP) pohon tumbang, dua jalur dari arah Manado menuju Malalayang dan sebaliknya mengalami macet total sepanjang enam kilo meter.
Kasat Lantas Polresta Manado, Kompol Roy Tambayong mengatakan, pohon tumbang ini terjadi sekitar pukul 07. 15 WITA dan pohon baru bisa dievakuasi tiga jam kemudian atau sekitar pukul 10.00 WITA. 
Disebutkan, proses evakuasi memakan waktu lama, karena pohon yang memiliki panjang sekitar 100 meter lebih berada di pinggir jalan sebela kiri arah malalayang dan saat tumbang langsung menghalangi pengendara bermotor yang akan melintas, karena panjangnya pohon yang tumbang, sehingga harus menunggu senso atau mesin pemotong pohon agar pohon bisa evakuasi. 
“Nanti tiga jam lebih pohon baru bisa dievakuasi setelah pohon yang diperkirakan panjangnya mencapai 100 meter dipotong dengan menggunakan mesin senso”, kata perwira menengah Polda Sulut kepada Cendana News di lokasi kejadian.
Selain itu, dalam evakuasi pohon tumbang pihaknya dibantu petugas dari kelurahan Malalayang satu timur, dan sejumlah anggota Polantas Polresta Manado dan Polsek Malalayang serta masyarakat sekitar, sehingga proses evakuasi pohon bisa berjalan dengan lancar, meski sempat terjadi kemacetan yang cukup panjang mulai dari tugu Boboca Kalasay hingga di depan rumah sakit Prof R.D Kandou Manado. 
“Kami minta maaf bagi pengendara bermotor yang terganggu akibat pohon tumbang, namun kejadian ini bukan disengaja tapi terjadi secara spontan, syukur bisa teratasi segera sehingga arus lalu lintas lancar kembali. kami terpaksa melakukan jalur buka tutup sambil menungu pohon dievakuasi”, katanya.
  
Tambayong berharap, agar Pemerintah daerah segera memperhatikan pohon – pohon yang sudah tua yang berada di pinggir jalan, agar segera diganti dengan tanaman baru, sehingga tidak membahayakan dan menyusahakan masyarakat saaat melintas. 
“Banyak pohon yang saya perhatikan sudah tua, jika bisa segera pangkas biar masyarakat nyaman menggunakan kendaraan, jangan nanti sudah memakan korba jiwa baru diperhatikan”, tegaskanya kepada Cendana News di jalan Trans Sulawesi Kamis (08/10/2015). 
Kemacetan akibat pohon tumbang

KAMIS, 08 Oktober 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...