Puluhan Murid Ikuti Kompetisi Mewarnai Tingkat TK se-Kota Ruteng

Murid TK sedang ikut lomba mewarnai
FLORES — Lomba mewarnai gambar anak-anak tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, turut meramaikan perayaan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang diselenggarakan Kantor Cabang (Kacab) BRI Ruteng, Sabtu (03/10/2015). Ini merupakan salah satu dari sejumlah mata lomba yang diselenggarakan oleh Panitia PRS dalam iven ini.
Panitia PRS Kacab BRI Ruteng melalui Ketua Seksi Perlombaan, Elias Gudi  mengatakan, ada tiga mata lomba yang diselenggarakan pihaknya. “Ada lomba mewarnai anak-anak tingkat TKK, lomba merias sepeda untuk pawai tingkat SD, dance tingkat SMA,” ungkap Elias saat ditemui Cendana News.
Untuk perlombaan mewarnai gambar, kata Elias, pihaknya memberikan kesempatan kepada seluruh lembaga TKK yang ada di Kota Ruteng untuk mengirimkan utusan. Masing-masing ditentukan untuk mengirim utusan minimal satu orang dan maksimal satu orang. Namun, dalam kegiatan ini, hanya ada enam sekolah yang ikut mengambil bagian dengan jumlah utusan yang bervariasi.
“Semuanya diundang, tapi yang mengambil bagian hanya enam TK. Yang ikut ada TK Brando, TK Elisabeth, PAUD Hati Kudus, TK Santa Clara, TK Inviolata dan TK Kemala Bhayangkari. Nanti kita keluarkan hadiah kepada tiga besar. Juara I,  Rp1 juta. Juara II, Rp750 ribu. Dan juara III, Rp500 ribu. Kita berikan itu kepada lembaga pendidikan karena yang kita undang itu sekolah, bukan pribadi,” jelas Elias.
Kegiatan lomba mewarnai gambar bermaksud untuk membentuk karakter anak dalam hubungan dengan kebiasaan menabung dan dunia perbankan. Hal yang dilombakan adalah sejauh mana kemampuan anak mewarnai gambar berdasarkan pengetahuan tematiknya tentang benda tertentu. “Penilaiannya, bagaimana menempatkan warna berdasarkan apa yang menjadi kenyataan. Misalnya, untuk daun, mereka mau beri warna apa. Itu yang kita nilai di sini,” terang Elias.
Kegiatan lomba mewarnai gambar ini diharapkannya bisa menanamkan sejak dini kesadaran menabung dalam diri anak-anak. “Untuk anak-anak itu, kita ada Britama Junio. Kita mau supaya anak-anak itu sejak dini memahami tentang bagaimana menabung, supaya kalau nanti dewasa tidak menjadi hal baru. Sejak kecil kita membangun karakternya bahwa seperti inilah dunia perbankan, produk-produk layanan kita yang sesuai dengan perkembangan anak-anak,” ujarnya berharap. 
MINGGU, 04 Oktober 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...