Puluhan Siswa SDN 5 Sleman Keracunan Es Buah

Salah satu siswi, Salma, terpaksa dirujuk ke RS

YOGYAKARTA — Sebanyak 28 siswa siswi  SDN 5 Sleman, Krapyak, Sleman, Yogyakarta, mengalami keracunan setelah meminum es buah yang dijual seorang pedagang di sekolah setempat, Jumat (30/10/2015). Puluhan siswa langsung dilarikan ke Puskemas Sleman dan sebagian yang lain terpaksa dirujuk ke RSUD Sleman karena tak kunjung membaik.
Rukmini, Guru Kelas V SDN 5 Sleman, menuturkan, puluhan siswa didiknya mengalami keracunan sesaat setelah mengkonsumsi jajanan es buah yang dijual oleh sepasang suami isteri pada waktu jam istirahat sekitar pukul 08.45 WIB. 
“Awalnya kami para guru sudah curiga, karena penjual es yang menggunakan sepeda motor roda tiga itu baru sekali ini berjualan di sekolah kami”, kata Rukmini, yang mengaku menyesal karena belum sempat menasehati anak-anak didiknya agar tak membelinya.
Kecurigaan Rukmini dan sejumlah guru lain, ternyata terbukti benar. Hanya berselang 10-an menit, katanya, sejumlah siswa mulai mengeluh sakit perut, mual dan pusing kepala. Tak ingin terjadi hal yang tak diinginkan, para siswa langsung dibawa ke puskesmas terdekat. 
“Ternyata, sampai siang hari jumlah siswa yang keracunan terus bertambah sampai 28 orang,” ujarnya.
Dijelaskan Rukmini, dari 28 siswa itu sebagian besar sudah diperbolehkan pulang. Namun ada siswa lain yang harus dirawat di rumah sakit karena sampai siang hari masih lemas seperti yang dialami Salma (13). Rukmini mengatakan, Salma kemudian terpaksa dibawa ke RSUD Sleman untuk menjalani perawatan lebih lanjut.
“Para siswa membeli es campur yang terdiri dari buah nanas, melon dan semangka. Harganya cukup murah, hanya seribu rupiah sehingga banyak anak-anak yang tertarik membelinya,” ujar Rukmini, seraya mengimbuhkan jika kasus tersebut kemudian dilaporkan ke polisi. 
SABTU, 31 Oktober 2015
Jurnalis       : Koko Triarko
Foto            : Koko Triarko
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...