Ratusan Murid SD di Yogyakarta Gelar Pawai Ta’aruf

Pawai Ta’aruf
YOGYAKARTA — Umat Islam akan segera memasuki tahun baru Hijriyah, 1 Muharram 1437. Momentum yang sangat bersejarah bagi umat Islam tersebut pun diperingati dengan berbagai kegiatan pengajian dan dirayakan dengan meriah. Di Yogyakarta, ratusan siswa SD Muhammadiyah Suronatan bahkan menggelar pawai ta’aruf.
Tak hanya para siswa, sejumlah guru pun turut serta dalam pawai budaya ratusan siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Suronatan yang digelar meriah di sepanjang Jalan Nyi Ahmad Dahlan melewati ruas Jalan Ahmad Dahlan, Agus Salim, Wahid Hasyim dan kembali ke titik awal setelah mengelilingi Kota Yogyakarta, Selasa (13/10/2015).
Pawai dengan beragam kostum kedaerahan dan islami serta berbagai poster bertuliskan pesan-pesan religius mengenai pentingnya memaknai tahun baru Hijriyah bagi umat muslim begitu menyita perhatian masyarakat. Para guru dan kepala sekolah bahkan turut dalam lautan pawai tersebut dengan menaiki kuda memimpin barisan.
Kamsidi, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Suronaan di sela jalannya pawai mengatakan, pawai ta’aruf dalam rangka memperingati datangnya tahun  baru Hijriyah sengaja digelar, untuk lebih menyadarkn masyarakat khususnya umat muslim, bahwa Islam juga memiliki kalederisasi. Selama ini, katanya, masyarakat begitu antusias memeriahkan tahun baru Masehi. Sedangkan tahun baru Hijriyah yang penuh makna justru kurang diperhatikan.
“Karena itu, harapannya dengan pawai ta’aruf ini umat Islam khususnya di Yogyakarta bisa lebih memperhatikan momentum tahun baru Hijriyah, dan jauh lebih penting memaknai dengan sunggguh-sunggguh sehingga bisa berhijrah menuju kualitas hidup yang lebih baik”, jelas Kamsidi. 


SELASA, 13 Oktober 2015
Jurnalis       : Koko Triarko
Foto            : Koko Triarko
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...