Ratusan Titik Api bertambah di Papua, TNI Terjunkan 1.000 Personil

Pemadaman Titik Api Secara Manual di Merauke
MERAUKE — Ratusan titik api terlihat di Kabupaten Mappi dan Merauke, masing-masing 117 dan 346 titik. Dengan bertambahnya titik api tersebut, pemerintah setempat bekerjasama dengan TNI Polri serta Tokoh Masyarakat dan Adat melakukan patroli pemadaman secara manual.
Dandim 1707/Merauke, Letkol Inf I Made Alit Yudana telah memerintahkan kepada Danramil di wilayah Kabupaten Merauke, Kabupaten Mappi segera mengkoordinasikan dan bekerja sama dengan aparat Polres, Pemda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat untuk melakukan patroli pemadaman kebakaran bersama-sama dengan masyarakat.
“Kepada masyarakat setempat tidak boleh melakukan perluasan lahan dengan cara pembakaran alang-alang, hutan karena mempunyai dampak negatif. Saya minta Danramil, Danpos Ramil melaporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi di wilayah masing-masing berkaitan tentang kebakaran alang-alang, hutan,” kata Yudana, Jumat (23/10/2015).
Menurutnya, apabila ada masyarakat yang dengan sengaja membuka lahan dengan cara membakar, maka dirinya akan berkordinasi dengan pihak Polres untuk melakukan tindakan hukum. 
“Kita ketahui bersama bahwa di Papua dan Papua Barat sekarang sudah terjadi bencana asap dikarenakan banyaknya kebakaran di hutan yang menimbulkan asap tebal.  Dan ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia serta menganggu penerbangan di sejumlah tempat di wilayah Papua dan Papua Barat,” ujarnya.
Sejauh ini, lanjutnya, perkembangan titik api kebakaran hutan sedang ditangani secara serius dengan upaya pemadaman yang dilakukan aparat setempat dan masyarakat. 
“Dari TNI sendiri, telah menerjunkan sekitar 1000 personil untuk membantu mengatasi kebakaran tersebut,” bebernya.
Kegiatan patroli yang dilakukan aparat dalam upaya pemadaman kebakaran di Kabupaten Mappi melibatkan anggota Koramil berjumlah 15 personil, Polres 15 personil, pos Yalet 8 personil, Brimob 10 personil dan Masyarakat 60 orang. Sementara, di Distrik Bade 45 personil baik TNI/POLRI dan masyarakat berjumlah 50 orang.
JUMAT, 23 Oktober 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...