Sambut Tahun Baru Hijriyah, Warga Santuni Anak Yatim dan Du’afa

MALANG — Bertempat di halaman Masjid Nurul Mukmin, menyambut tahun baru Hijriyah 1437 H, Warga RW 09 Kelurahan Sawojajar Kota Malang menggelar acara Gebyar Muharram dan Santunan Anak Yatim/Du’afa. Acara ini diikuti oleh hampir seluruh warga muslim setempat.
Ketua panitia penyelenggara sekaligus ketua TPQ Al-Mukmin, Ibu Masruroh menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan agar seluruh warga muslim RW 09 khususnya anak-anak dan juga para remaja mengetahui bahwa sebagai umat Islam memiliki tahun baru sendiri yaitu tahun baru Hijriyah. 
“Kegiatan ini menjadi penting untuk diselenggarakan karena pada jaman sekarang kebanyakan masyarakat muslim khususnya anak muda justru hanya peduli atau bahkan hanya mengetahui tahun baru masehi saja tanpa mengetahui tahun barunya sendiri yaitu tahun baru Hijriyah,”ungkapnya.
Dalam acara menyambut tahun baru Hijriyah kali ini mengambil tema “Mari kita tingkatkan Ukuah Islamiah dan bersama membangun generasi Qur’ani”. Dengan tema tersebut diharapkan umat Islam terus bersatu dan generasi penerus, khususnya anak-anak TPQ bisa memahami, membaca dan melafalkan bacaan Al-Quran dengan benar.
Di awal bulan Muharram tahun Hijriyah yang mulia ini diisi dengan amalan-amalan baik yaitu menyantuni anak Yatim dan Du’afa.
“Ada 64 anak yatim dari panti asuhan An-Nur dan panti asuhan Mawadah Warahmah serta 4 orang du’afa yang hari ini akan kita beri santunan berupa uang dan juga bingkisan,”jelasnya.
Ditemui di lokasi yanga sama, Anung selaku ketua koordinator menjelaskan bahwa sebelum memasuki acara inti yaitu penyerahan santunan kepada anam Yatim dan du’afa akan diawali dengan pembacaan ayat-ayat pendek Al-Quran oleh anak-anak TPQ, Banjari oleh Ibu-ibu pengajian RW 09, dan juga kirab Drumband yang berasal dari kelompok drumband Purwosari Pasuruan. Selain itu dalam acara ini juga diadakan bazar makanan dan pakaian.

MINGGU, 18 Oktober 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...