Sanitasi di Sekolah Jadi Perhatian DPRD Balikpapan

Wakil Ketua DPRD Balikpapan dan Komisi IV DPRD Balikpapan tinjau sekolah
BALIKPAPAN — DPRD Balikpapan menindaklanjuti hasil laporan pemeriksaan BPK RI tahun 2014 terkait sarana prasarana sekolah khususnya bidang kesehatan dan sanitasi, dengan melakukan peninjauan ke toilet-toilet sejumlah sekolah.
“Yang kita tinjau baru Balikpapan Selatan, khususnya mereka yang mendapatkan catatan soal sanitasi dan kebersihan di toilet sekolah. Sementara ini kita fokus kita menyingkapi LHP BPK ini,” ungkap Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan, Ida Prahastuty,kemarin.
Ida menjelaskan, dari sidak yang dilakukan ada sekolah yang sudah penuhi standar kebersihan sanitasi dan toilet, ada air yang cukup, pola hidup sehat sudah ada. Namun sebagian besar harus mendapatkan perhatian. Sehingga masih banyak toilet-toilet yang perlu perbaikan dan penambahan yang pasti jadi lebih bersih.
“Tidak hanya itu, banyak sekolah yang tidak memiliki tenaga khusus yang membersihkan toilet. “ Jadi masih  dibebankan salah satu guru kadang murid untk bersih kan bersama-sama. Sebetulnya siswa wajib membersikan hajatnya sesudah buang air,” sambutnya.
Komisi IV juga menilai pola-pola hidup sehat di lingkungan sekolah masih harus ditingkatkan dan ini perlu didorong dari DPRD seperti perbaikan dan penambahan toilet. “ Idealnya memang 1 toilet itu untuk 30-40 siswa tapi disini banyak 1 toilet bahkan untuk ratusan. Ada sekolah muridnya 400-500 namun toilet yang tersedia hanya 6 unit,” katanya.
Sementara itu, dari LHP BPK itu sarpras dan sanitasi kesehatan sekolah yang harus diperbaiki untuk SD berjumlah 60 sekolah, SMP 22 dan SMA9 sekolah serta SMK berjumlah 6 sekolah.
Ida menambahkan ada beberapa sekolah yang telah menerapkan sanitasi yang standar seperti SD 001, SD 003, SMA 1 dan SMA 5. “Yang kita temui, ada juga sekolah yang lagi menambah dan perbaiki kondisi toiletnya,” imbuhnya.
Untuk itu, dari hasil peninjauan ini targetnya ada pembenahan sarpras sanitasi sekolah dan ini sudah berjalan namun teknis persisnya ada diranah Disdik kota.
RABU, 28 Oktober 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...