Seorang Jemaah Haji Asal Sleman Meninggal di Pesawat

Pemakaman JH asal Sleman, KH Damsuki
YOGYAKARTA — KH Damsuki Chirzan (79), jemaah haji asal Dusun Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta, meninggal di pesawat dalam perjalanan pulang dari ibadah haji. Jenazah dimakamkan siang ini, Jumat (9/10/2015), di Pemakaman Keluarga Komplek Masjid Pathok Negoro Mlangi. 
Satu lagi jemaah haji asal Kabupaten Sleman, Yogyakarta, meninggal dunia dalam perjalanan menunaikan ibadah haji. Keluarga almarrhum, menerima kabar duka tersebut sekitar pukul 00.30 WIB dini hari, dan pada pukul 08.00 WIB jenazah tiba di rumah duka.
Muhammad Khoirun (52), putra sulung almarhum mengatakan, kabar duka diterima pertama kali dari salah seorang jemaah haji yang satu kloter dengan almarhum. 
“Diperkirakan, almarhum menghembuskan nafas terakhir ketika pesawat masih berada di daerah Pakistan”, jelas Khoirun.
Kendati keluarga merasa kehilangan, namun Khoirun mengaku jika seluruh keluarga dan kerabat merasa bangga, karena demikianlah cita-cita almarhum sejak lama. Khoirun mengatakan, sebelumnya keluarga memang agak keberatan karena kondisi almarhum yang sudah renta dan fisiknya lemah. 
“Almarhum selama hidupnya suka berpuasa dan prihatin. Jadi, fisiknya memang lemah. Jalan 50 meter saja sudah kelelahan”, ungkap Choirun. 
Dengan kondisi kesehatan yang kurang memungkinkan, sambung Choirun, keluarga terpaksa melepas kepergian almarhum naik haji. 
“Itu karena sudah jadi cita-citanya dan kami justru bersyukur, di sisa hidup almarhum sudah menunaikan ibadahnya yang insyaalloh sempurna, khusnul qotimah”, ujar Choirun.
Almarhum yang tergabung dalam jemaah haji kloter 27 SOC semasa hidup dikenal sebagai seorang kyai yang sering berdakwah di banyak tempat, meninggalkan satu orang istri bernama Busroniyah (74), dan lima orang putra masing-masing Muhammad Choirun (52), Khakim (43), Muslidah (40), Isarotun (36) dan Alfan (32).
Diiring ratusan takjizah, almarhum dimakamkan di pemakaman komplek Masjid Pathok Negoro,yang berada tak jauh dari rumah duka. Sementara itu, Wakidi sebagai perwakilan dari Kementerian Agama Kabupaten Sleman, datang menyambangi keluarga almarhum siang sebelum pemakaman dilakukan. Dia membenarkan, jika almarhum meninggal karena sudah lansia dan kondisi fisiknya memang lemah. 

JUMAT, 09 Oktober 2015
Jurnalis       : Koko Triarko
Foto            : Koko Triarko
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...