Setya Novanto Minta Surya Paloh Bubarkan Partai Nasdem

Ketua DPR RI, Setya Novanto
JAKARTA — Ketua DPR RI, Setya Novanto menagih janji Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh yang mau membubarkan partainya bila ada kadernya menjadi tersangka korupsi.
“Saya minta kepada Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh agar segera membuktikan janjinya,”ujar Setya di Senayan, Jumat (16/10/2015).
Dirinya juga mengaku menghormati sistem partai yang dipimpin Surya Paloh. Baik dalam mekanisme maupun realisasi janji yang pernah di ucapkan.
“Jadi untuk pembubaran Partai Nasdem, saya mempersilakan Surya melakukannya bila sudah menyampaikan janji demikian,” Kata Setya.
Disebutkan, pihaknya tidak bisa mencampuri urusan internal. Tapi Surya Paloh seharusnya memberikan yang terbaik untuk publik.
Statement ini disampaikan Pimpinan DPR, Novanto menyikapi pengumuman Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) yang menetapkan tersangka Patrice Rio Capella kala yang memegang jabatan anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Nasdem sekaligus Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Nasdem.
Menurut Novanto, ini menambah panjang daftar tersangka dari kalangan anggota DPR RI periode 2014-2019 saat baru berusia satu tahun.
“Saya prihatin bila melihat kasus Rio Capella saat DPR periode 2014-2019 baru menginjak satu tahun,” kesalnya. 
Lebih Lanjut, Setya menyatakan bahwa Pimpinan DPR tentu mengharapkan tidak ada masalah lagi di kemudian hari.
Diketahui, Surya Paloh selaku Ketua Umum pernah berjanji tidak akan mengevaluasi keberadaan Partai Nasdem bila ada kadernya tersangkut korupsi yang ditangani penegak hukum. 
“Tidak layak Partai Nasdem dipertahankan,” kata Paloh usai membuka pembekalan caleg Partai Nasdem, di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, pada Senin 3 Juni 2015 lalu.
JUMAT, 16 Oktober 2015
Jurnalis       : Adista Pattisahusiwa
Foto            : Adista Pattisahusiwa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...