Setya Novanto Resmi Membuka Penyelenggaraan GOPAC di Yogyakarta

Ketua DPR RI Setya Novanto memukul gong tanda GOPAC resmi dibuka
YOGYAKARTA—GOPAC adalah sebuah organisasi yang cukup prestisius dan besar pengaruhnya di dunia internasional dan bahkan di beberapa organisasi interparlementari union dan organisasi lain. GOPAC menjadi salah satu tempat bagi parlemen untuk membicarakan dan menghadapi pemberantasan korupsi.
GOPAC yang bermarkas di Ottawa, Kanada itu juga dibagi per regional seperti untuk Asia Tenggara ini adalah SEAPAC, yang ketuanya adalah Indonesia, begitu juga untuk Afrika, Midle East, Oceania yang dipimpin oleh Australia.
Indonesia dalam GOPAC mengusulkan tema tentang “High Cost of Institusionilizing Democracy”. Tema tersebut membahas mengenai mahalnya harga dari sebuah sistem demokrasi yang sarat menimbulkan korupsi dan ini harus diperbaiki. Misalnya, proses Pilkada yang banyak diwarnai oleh money politic.
Konferensi Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC) ke-6 akan mengundang Ketua KPK untuk menjadi panelist dalam Konferensi organisasi parlemen anti korupsi dunia di Yogyakarta pada tanggal 6-8 Oktober.
Selain itu, GOPAC juga akan mengundang berbagai lembaga internasional seperti Pacific Regional Anti Corruption Adviser for United Nations Office on drugs and crime (UNODC), GOPAC negara tetangga, Socio Economic Right Accountability Project (SERAP), COPLA, KPK Indonesia, Group of States Against Corruption (GRECO) maupun NDI.
GOPAC Indonesia berdiri pada tahun 2012, dan merupakan cabang dari GOPAC Internasional yang terdiri dari anggota parlemen yang perduli terhadap pemberantasan korupsi. ini merupakan suatu lembaga informal yang bertujuan untuk mendorong grand corruption sebagai salah satu kejahatan berdasarkan hukum internasional. 
Pelaksanaan The 6th Global Conference of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC) di Yogyakarta diselenggarakan pada tanggal 6-8 Oktober 2015 di Hotel Ambarukmo Yogyakarta. Secara resmi, hari ini Selasa, (6/10/2015) GOPAC dibuka oleh Ketua DPR RI, Setya Novanto. 
SELASA, 6 OKTOBER 2015
Penulis ; Gani Khair
Foto : Koko Triarko
Lihat juga...