Siasati Kenaikan Harga Gula Pasir dengan Penjualan Eceran

Afun, Penjual gula
JAKARTA — Gula Pasir merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok yang selalu mengalami naik dan turun harga di pasaran. Di Pasar Johar Baru, Jalan Percetakan Negara II Jakarta Pusat, Harga gula dari jenis pabrikan berbeda TK (gula putih) dan GMP (gula agak kemerahan) sama-sama mengalami kenaikan sampai 10,000 rupiah per bal (50Kg).
Menyikapi keadaan ini,  pedagang gula besar tidak mau patah arang,  mereka berusaha lebih banyak menjual eceran dibanding secara grosir.
Afun,  seorang agen sekaligus pedagang gula eceran di pasar johar baru terus berusaha membuat paket-paket eceran mulai setengah kilogram,  satu kilogram,  sampai dua kilogram.
” Kenaikan per bal bisa sampai 10,000 rupiah,  artinya per kilogram dia naik 200 rupiah sudah seminggu ini,  tiada jalan lain selain menggenjot penjualan secara eceran, ” jelas Afun kepada Cendana News di Jakarta, Kamis (08/10/2015).
Afun masih bisa bersyukur karena secara eceran dia bisa menghabiskan 60 bal per bulannya, dan hal ini benar-benar butuh kerja keras apalagi disaat harga gula sedang mengalami kenaikan yang cukup mengganggu para pedagang sekarang ini.
” Saya tidak mau ambil resiko, saya akan melakukan stok di toko sesuai kemampuan jualan bulanan saya saja, dan ditambah sedikit cadangan sebagai antisipasi permintaan tiba-tiba naik, ” kembali Afun melanjutkan penjelasannya.
KAMIS, 08 Oktober 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Foto            : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...