Tahun Baru Hijriah, Tiket Kereta Api Semua Jurusan ‘Sold Out’

Calon penumpang sedang membeli tiket
SEMARANG — Tak dapat dipungkiri, angkutan umum kereta api sekarang telah menjadi ” primadona ” dan merupakan pilihan utama bagi kebanyakan para penumpang yang akan bepergian keluar kota, baik untuk relasi jarak dekat, sedang maupun jauh, terutama di wilayah Pulau Jawa.
Kebanyakan para penumpang yang terbiasa menggunakan layanan jasa angkutan perkeretaapian berpendapat, kereta api sekarang pelayanannya jauh lebih baik dan semakin maju berkembang pesat sejak berganti nama dari Perumka menjadi PT. Kereta Api Indonesia.
Hal ini terbukti, saat menjelang liburan Tahun Baru Hijriah  / 1 Muharram ( Syuro ) yang jatuh pada hari Rabu (14/10/2015) besok, sampai berita ini ditulis, hampir semua tiket penumpang kereta api berbagai kelas ke segala jurusan di Pulau Jawa ” Sold Out ” ludes terjual habis laris manis.
Terutama untuk relasi yang menghubungkan antar kota – kota besar di Pulau Jawa, misalnya kereta api jurusan Surabaya – Jakarta PP, Surabaya – Bandung PP, Malang – Jakarta PP, Malang – Bandung PP,  Jakarta – Bandung PP dan Surabaya – Banyuwangi PP.
Pantauan Cendana News di stasiun KA Semarang Tawang, semua tiket keberangkatan hari ini untuk kereta api kelas Eksekutif – Bisnis hampir 100 persen habis terjual. Hal ini dapat dilihat langsung  dari TV layar monitor yang tersedia di stasiun, di situ ditampilkan tabel ketersediaan tiket secara online kepada semua calon penumpang yang akan membeli atau memesan tiket kereta api
Beberapa KA yang tiketnya hampir terjual habis, antara lain KA Argo Anggrek Pagi & Argo Anggrek Malam ( Gambir – Pasar Turi PP ), KA Sembrani ( Pasar Turi – Gambir PP ) KA Bangunkarta ( Gubeng – Gambir PP ), KA Harina ( Pasar Turi – Bandung PP ) KA Argo Sindoro & KA Argo Muria ( Tawang – Gambir PP ), KA Bima ( Gubeng – Gambir PP ) dan KA Gajayana ( Malang – Gambir PP ).
Sedangkan ketersediaan tiket untuk layanan kereta api kelas Ekonomi subsidi / Public Service Obligation ( PSO ) maupun yang bukan subsidi / non PSO, mulai kemarin Senin (12/10/2015) – Minggu (18/10/2015) tiketnya duluan sudah habis terjual. Antara lain KA Kertajaya ( Pasar Turi – Pasar Senen PP ), KA Gaya Baru Malam Selatan ( Gubeng – Pasar Senen ), KA Matarmaja ( Malang – Pasar Senen ) dan KA Brantas ( Kediri – Pasar Senen PP ).
Desi, seorang calon penumpang yang baru saja membeli tiket KA dadakan mengatakan, dirinya beruntung masih bisa mendapatkan tiket untuk ke Jakarta.
“Bersyukur dapat tiket untuk berangkat ke Jakarta nanti malam, namun tiketnya tinggal satu, sayang kedua orang tua saya tidak kebagian tiket, alternatifnya terpaksa naik bus ke Jakarta,”  terangnya.
Sementara itu, penumpang lainnya, Hermanto menyebutkan, kalau ada hari libur selain hari Minggu, susah mendapatkan tiket kereta api dengan mudah.
“Saya dari tadi menunggu kemungkinan adanya penumpang yang membatalkan tiket keberangkatan, namun hingga sekarang belum ada tanda – tanda adanya pembatalan tiket,” kata Harminto kepada Cendana News.
Suasana stasiun di Semarang
SELASA, 13 Oktober 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...