hut

Tahwa, Makanan Berbahan Dasar Kedelai yang Lembut di Lidah

MALANG — Tahwa atau di beberapa daerah lain lebih dikenal dengan sebutan kembang tahu ini merupakan salah satu kuliner yang cukup familiar bagi masyarakat Malang. Disebut sebagai kembang tahu karena bentuknya yang sekilas memang mirip dengan tahu putih yang kebanyakan di jual di pasar. Sama seperti tahu, Tahwa juga sama-sama terbuat dari bahan dasar kedelai.
Salah satu Tahwa yang paling terkenal di Malang adalah Tahwa Fais yang sudah memiliki puluhan gerobak yang tersebar di Malang, salah satunya berada di pinggir Jalan Merbabu kota Malang.
Tahwa sendiri berwarna putih, seperti tahu dan memiliki tekstur yang sangat lembut saat dimakan dan tidak memiliki rasa. Oleh karena rasanya yang tawar tersebut, tahwa disajikan dengan kuah hangat yang terbuat dari gula merah yang dicampur dengan jahe. Tahwa bisa juga disajikan dengan tambahan taburan kacang tanah diatasnya.
Rasanya yang lembut di lidah ditambah dengan hangatnya kuah berbahan jahe dan gula merah, tak heran jika masyarakat Malang menyukai makanan yang satu ini.
Heni salah satu pembeli mengaku suka dengan Tahwa karena rasanya yang lembut dan kuah jahenya yang hangat bisa membuat tenggorokan menjadi hangat juga. 
“Apalagi dinikmati ketika udara dingin,”jelasnya.
Tidak hanya dirinya yang suka, teman kosnya ternyata juga banyak yang suka.
“Sekarang saja saya beli lima bungkus Tahwa karena banyak teman-teman kosnya yang titip untuk dibelikan Tahwa juga,”jelasnya.
MINGGU, 18 Oktober 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...