Taman Marga Satwa Budaya Kinantan Bukittinggi Perluas Kandang Gajah

Perluasan kandang gajah


BUKITTINGGI — Memberikan kenyamanan serta menghindari kecelakaan akibat keganasan gajah jantan yang bernama Zidan, pihak Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) BUKITTINGGI lakukan perluasan kandang dengan anggaran sebesar 400 juta  dari APBD untuk renovasi demi kenyamanan satwa.

”Kita buat semacam parit dan diperluas, agar para gajah ini nyaman” ujar Kepala Bidang TMSBK, Ikbal kepada Cendana News, Jumat (02/10/2015).

Dalam proses pembangunan, sepasang gajah terpaksa dirantai agar tak mengganggu petugas maupun pengunjung.

”Ini jelas mengganggu kaidah, namun tidak ada cara lain, kita tetap harus melakukan renovasi, jika tidak para gajah akan tersiksa,” lanjutnya.

Tercatat, sejak didatangkan ke TMSBK, gajah jantan ini telah berulang kali mencoba menyakiti pasangan betinanya, Bita. Bahkan, sempat hampir membunuh petugas yang merawatnya.

”Kita berencana menukar Zidan dengan gajah lainnya di penangkaran karena cukup berbahaya. Jika Ia sudah pernah menciderai orang, sifat alamiahnya tetap ganas seperti itu,” ungkap Ikbal khawatir.

Selain memperluas kandang, pihak TMSBK juga berencana akan membangun kolam besar untuk tempat pemandian gajah itu.

Saat ini, perluasan kandang itu disinyalir tak akan membuat tamu terganggu. Hal ini dikarenakan sejak kabut asap datang melanda Bukittinggi, tingkat kunjungan wisatawan cukup anjlok.

“Sejak asap datang, kita kehilangan 10-15 persen pengunjung. Biasanya, hari Minggu tak kurang dari 3000 wisatawan. Sekarang tak sebanyak itu lagi,” lanjutnya.

Tak hanya tingkat kunjungan yang turun. Perawatan satwa pun cukup membuat pengelola kerepotan. Satwa, terutama yang jenis primata cukup rentan terpapar pengaruh kabut asap kiriman dari Provinsi lain itu. Untuk itu, pihak pengelola rutin memberikan bermacam-macam vitamin agar daya tahan tubuh satwa itu tetap terjaga.

JUMAT, 02 Oktober 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo

Lihat juga...