Tarik Pelanggan, PT BBJ Tawarkan Berbagai Fasilitas Gratis Bagi Sopir

Pelabuhan Bandar Bakau Jaya
LAMPUNG — Menarik pelanggan untuk menggunakan jasa transportasi laut, PT Bandar Bakau Jaya (BBJ) memberikan beberapa fasilitas gratis bagi sopir ekpedisi. Seperti yang di sebutkan Manager Internal PT Bandar Bakau Jaya (BBJ), Supar kepada Cendana News di Lampung, Senin (26/10/2015).
Disebutkan Supar, Beberapa fasilitas gratis yang diberikan kepada para sopir selaku pengguna jasa pelabuhan tersebut  seperti mushola, kamar mandi, wc, tempat istirahat yang dilengkapi sarana hiburan, listrik, mesin cuci, semuanya disediakan secara cuma cuma.
“Ini bentuk komitmen untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa agar lebih nyaman, betah dan merasa keluarga sendiri selama berada di pelabuhan penyeberangan BBJ,”ungkap Supar..
Tidak hanya itu, pihaknya juga sedang membangun fasilitas tollgate untuk pembelian tiket serta sistem yang lebih rapi agar ke depan lebih maksimal pelayanan kami.
Supar mengungkapkan, PT Bandar Bakau Jaya (BBJ) selaku penyedia jasa pelabuhan bongkar muat dan penyeberangan hingga saat ini sudah mengoperasikan tiga unit Landing Craft Tank (LCT) yang sudah menyamai Kapal Motor Penumpang (KMP) yang setiap hari melakukan aktifitas bongkar muat kendaraan dari PT BBJ di Bakauheni Lampung menuju Bojonegara Provinsi Banten. Pelebuhan penyeberangan tersebut saat ini mengkhususkan untuk penyeberangan kendaraan jenis truk terutama truk truk ekspedisi melalui lintasan Selat Sunda.
“Pelayanan bongkar muat memakan waktu sekitar 45 menit sementara untuk waktu pelayaran saat ini bisa ditempuh selama 2,5 jam dan ini sangat membantu agar tidak terjadi antrian panjang selama menunggu,”ungkap Supar.
Selama waktu menunggu tersebut, PT BBJ ungkap Supar telah menyiapkan kantin untuk keperluan makan dengan los los yang terkumpul dalam Pujasera “BBJ” Bakauheni. Menurutnya ada puluhan pedagang makanan dan minuman yang menyediakan keperluan perut serta keperluan para awak truk selama menunggu kapal menyeberang.

Supar mengaku, pelayanan dengan menyiapkan fasilitas cuma cuma tersebut bukan tanpa alasan. Selaku penyedia jasa pelayaran swasta segi merketing menggaet pelanggan harus diterapkan dengan pola memberikan kenyamanan. Tak mengherankan rata rata dalam sehari, Supar mengaku ada sekitar 150 lebih kendaraan jenis truk yang menyeberang menggunakan jasa PT BBJ. Ratusan pengemudi tersebut memberi pemasukan kepada para pemilik kantin, sementara fasilitas umum

Pantauan CDN, tersedia kursi kursi permanen dari keramik yang cukup rapi dan bersih. Penataan tersebut memberi kenyamanan bagi para sopir dengan view laut saat menikmati makan dan minum. Sementara untuk fasilitas istirahat ruangan gratis dengan televisi serta fasilitas untuk charger handphone, karpet disiapkan secara cuma cuma.

Sementara itu, salah satu sopir, Marpaung (45) ia berangkat sejak sore kemarin dan sengaja ingin berangkat hari ini sambil menunggu kendaraan rekannya dari arah Palembang Sumatera Selatan.
Waktu menunggu tersebut digunakannya untuk mencuci di mesin cuci gratis yang disiapkan oleh PT BBJ. Air yang cukup melimpah dan tempat yang nyaman membuatnya memutuskan memilih menyeberang menggunakan jasa PT BBJ sejak setahun belakangan ini.
“Lumayan mas saya bisa menghemat penggunaan uang jalan sebab di sini mungkin hanya menghabiskan uang untuk keperluan makan, mandi serta lain lain gratis dan kami aman selama di sini,”ungkapnya.
Ia mengakui bisa menghemat sebesar Rp.450ribu jika dibandingkan menggunakan jasa penyeberangan di pelabuhan lain. Penghematan tersebut selain bisa digunakan untuk uang jaga jaga akan dipergunakannya untuk keperluan lain selama mengirim barang dari Lampung menuju ke Jawa Barat.
SENIN, 26 Oktober 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...