Tenaga Pendidik PAUD di Penengahan Lampung Masih Kurang

Tenaga pendidik PAUD
LAMPUNG — Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan, Syamsiah menyebutkan, jumlah tenaga pendidik masing- masing PAUD yang ada di Lampung Selatan ini kurang.
Disebutkan, hingga Oktober tahun 2015, jumlah PAUD di Lamsel mencapai 670 yang tersebar di berbagai desa. Namun hal tersebut masih belum didukung dengan jumlah tenaga pendidik.
“Untuk mendapatkan anak yang berprestasi diperlukan jumlah tenaga pendidik ideal dengan jumlah peserta didik yang ada di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini,”kata Syamsiah kepada Cendana News, di Lampung, Kamis (29/10/2015).
Disebutkan, untuk tenaga pendidik (tendik) PAUD sendiri idealnya setiap 5 murid didampingi 1 tenaga pendidik.
Selain itu, dia juga mengungkapkan jumlah PAUD ada 670, program Pendidikan Kesetaraan (Paket A,B dan C)  ada 36, lalu Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) masih dalam tahap rekapitulasi
Sementara itu penilik Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Kecamatan Penengahan, Kasnin menyebutkan, untuk peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini akan diusahakan penambahanan dana yang bersumber anggaran dana Desa (ADD) serta Dana Desa (DD).
Disebutkan, saat ini anggaran PAUD melalui APBD Lamsel kini juga telah semakin meningkat. Dimana, pada tahun 2012 besar anggaranya Rp.731 juta dan pada tahun 2013 anggaran untuk PAUD telah mencapai Rp1 miliar lebih.
“Semua dana tersebut di peruntukan meningkatkan pembinaan profesionalisme pendidikan dan tenaga pendidikan anak usia dini,”ujarnya.
Saat ini ia juga mengakui jumlah pendidik untuk PAUD masih terbatas dan berbagai pelatihan serta pembinaan dilakukan untuk meningkatkan mutu guru PAUD.

KAMIS, 29 Oktober 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...