Tiga Komisioner Panwaslu Manado Diberhentikan Sementara

Tiga Komisioner Panwaslu Saat Memimpin Rapat
MANADO — Tiga komisioner panitia pengawas pemillu (Panwaslu) kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) diberhentikan sementera oleh badan pengawas pemilu (Bawaslu) pusat, setelah meloloskan calon Wali Kota Manado, Jimmy Rimba Rogi yang berstatus mantan narpidana (Napi).
Ketua Bawaslu Sulut, Harwin Malonda menegaskan tiga personil Panwaslu Manado dinilai lalai dalam menjalankan tugas mereka untuk menentukan status calon Wakil Wali kota Manado, Jimmy Rimba Rogi yang diutus partai Golkar. 
“Aktifitas komisioner Panwaslu Manado kita bekukan sementara, setelah mendapat rekomendasi dari Bawaslu Pusat, karena mereka dinilai salah mengambil keputusan dengan meloloskan calon Wali Kota Manado yang mantan Narapidana untuk ikut Pilkada,” kata Malando kepada Cendana News pada Kamis (29/10/2015).
Menurut Malonda, seluruh tugas tiga komisioner Panwaslu Manado mulai dari Ketua, Syane Walangarei , Wakil Ketua Stenly Walandauw dan Roy Laiya, akan diambil alih oleh Bawaslu Sulut terhitung mulai Kamis (29/10/2015).
Kata Mantan Ketua Pawaslu Kabupaten Minahasa itu, surat pemberhentian sementara personil Panwaslu Manado diterima Bawaslu Sulut pada Rabu (28/10/2015) malam dan hari ini langsung ditindak lanjuti dengan mennonaktifkan komisioner Panwaslu Manado. 
Lebih lanjut Ketua Bawaslu Sulut itu menyatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat pleno untuk membahas masalah pemberhentian sementara personil Panwaslu Manado, 
“Selain itu kita juga akan menentukan nasib calon Wali kota Manado Jimmy Rimba Rogi yang bisa bermuara pada pembatalan,” tegasnya. 
Sementara itu, Ketua Panwaslu Manado Nonaktif, Syane Walangarei saat ditemui Cendana News menegaskan, menyerahkan semua masalah ini ke Bawaslu Pusat dan Bawaslu Sulut biar nanti mereka yang akan menentukan, 
“Ini karena penafsiran persepsi yang berbeda dari Panwaslu dan Bawaslu, namun kita serahkan kepada mereka yang akan memutuskan,” ungkapnya.
Rencananya nasib komisioner Panwaslu Manado ini akan di tentukan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Jakarta yang akan diagendakan akan berlangsung akhir pekan ini. 
JUMAT, 30 Oktober 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...