Tiket Gratis Trans Jakarta Bagi Pemegang Kartu Rusunawa Perlu Sosialisasi

Salah satu halte Trans Jakarta
JAKARTA — Otoritas Trans Jakarta mengambil langkah krusial dengan keputusan yang populis, yaitu menggratiskan tiket Trans Jakarta bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan pemegang Kartu Rusunawa. Tiket gratis bagi dua pemegang kartu tersebut berlaku di semua Koridor dan halte Trans Jakarta di seluruh wilayah Jakarta.
Mekanisme pemegang Kartu Rusunawa adalah si pemegang kartu hanya menunjukkan kartu tersebut kepada petugas piket halte Trans Jakarta disertai Kartu Tanda Penduduk (KTP) maka ia akan gratis naik Trans Jakarta.
Pemegang KJP juga berlaku sama mekanismenya dengan pemegang kartu penghuni Rusunawa, namun pemegang KJP harus menyertakan Kartu Pelajar atau Kartu Mahasiswa agar dapat menggunakan jasa Bus Trans Jakarta secara gratis.
Namun sepertinya sosialisasi otoritas Trans Jakarta harus lebih intensif menyambangi Rusunawa di seluruh Jakarta terkait program tiket gratis busway ini bagi mereka. Karena sampai sekarang masih jarang sekali penghuni Rusunawa yang menggunakan tiket gratis tersebut.
Seorang staff koridor Trans Jakarta berinisial MNR, mengatakan memang belum ada di halte tempat ia piket setiap hari penumpang gratis penghuni Rusunawa.
” Tapi kami sudah menempel selebaran pemberitahuan di halte agar nantinya jika ada penghuni Rusunawa yang masuk ia bisa membacanya dan menggunakan fasilitas tiket gratis ini dengan sebaik-baiknya,” Jelas, MNR kepada CND di salah satu halte Trans Jakarta, Selasa (20/10/2015).
Sedangkan seorang penumpang bernama Heni memiliki pandangan yang berbeda dengan petugas piket halte Trans Jakarta.
” Seharusnya team humas Trans Jakarta mendatangi satu persatu Rusunawa di Jakarta ini untuk mensosialisasikan program tersebut. Karena sangat tidak mungkin mengharapkan selebaran dibaca,”sebutnya. 
Dikatakannya, banyak penghuni Rusunawa yang menggunakan Trans Jakarta namun mereka malu untuk menggunakan fasilitas tiket gratis tersebut. Pikir mereka ya bayar saja, toh juga Trans Jakarta tiketnya paling murah dibanding angkutan umum lainnya, bahkan bisa keliling Jakarta dengan hanya bayar 3,500 rupiah. 
“Ya pokoknya sosialisasi saja, datangi Rusunawa itu satu persatu,” Papar Mahasiswi semester empat sebuah Sekolah Tinggi Sekretaris di Jakarta.
SELASA, 20 Oktober 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Foto            : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...