Titiek Soeharto: Kondisi Damai, TNI Bantu Petani Perangi Kemiskinan

Titiek Soeharto serahkan bantuan hand traktor kepada kelompok petani di Sleman
YOGYAKARTA — Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Siti Hediati Hariyadi menyebutkan, dalam kondisi damai, peran Tentara Nasional Indonesia (TNI) sangat penting dalam membantu petani dalam memerangi kemiskinan.
“TNI itu adalah sahabat dan bagian dari rakyat. Kalau tidak ada perang senjata, TNI turun membantu petani dan tetap berperang melawan kemiskian”, tegas Titiek Soeharto, sapaan akrab Siti Hediati Hariyadi saat penyerahan bantuan traktor kepada 13 kelompok pertanian di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Perikananan Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Jumat (09/10/2015).
Disebutkan Titiek, TNI yang berjiwa sapta marga dan berbadan merah putih, akan senantiasa bekerja mmbantu rakyat tanpa pamrih. Dan sejak tiga tahun terakhir, pemerintah telah mencanangkan gerakan swasembada pangan, utamanya padi, kedelai dan jagung. Untuk itu, semua unsur dilibatkan termasuk TNI. 
Terkait dengan pentingnya pertanian sebagai sektor terbesar yang menyerap tenaga kerja dan berdampak pada peningkatakan kesejahteraan masyarakat luas, Titiek sangat menekankan bahwa berbagai upaya pun telah dilakukan oleh pemerintah. 
Disebutkan, Pemerintah juga memberikan bantuan anggaran untuk bidang pertanian sebesar Rp 32, 8 Triliun. Dalam penyaluran bantuan tersebut, pengamanan sangat penting, sehingga peran TNI sangat vital terutama menjaga bantuan sampai dan terlaksana dengan baik di lapangan. 
Sementara itu,  Pj Bupati Sleman, Gatot Saptadi yang didampingi Kadinas Pertanian, Widi Sutikna turut dalam acara tersebut penyerahan bantuan tersebut. 
Gatot Saptadi menegaskan, jika dalam hal swasembada pangan, wilayah Kabupaten Sleman pada tahun 2014 surplus pangan sebanyak 108 ribu Ton. Gatot pun menyatakan sangat berterimakasih kepada Titiek Soeharto, yang telah begitu peduli dengan aktifitas petani. 
Diungkapkan Gatot pula, bahwa jumlah produksi regional bruto di Sleman sangat tinggi, dan perputaran ekonomi terbesar menyerap tenaga kerja ada di sektor pertanian. 
Sementara itu, dalam rangka percepatan bidang pertanian dan swadaya pangan, kata Widi, berbagai bantuan pemerintah bidang pertanian telah disalurkan secara bertahap. Sejak bulan Mei, menurutnya, bantuan traktor di Sleman sudah diterima sebanyak 17 unit, Agustus sebanyak 20 unit, Oktober 13 unit sehingga total ada 50 unit.
Selain itu, sambung Widi, bantuan bidang pertanian juga dalam bentuk pompa air, dan sejumlah alsinta lain seperti alat pengolah hasil panen. 
“Berbagai alat mesin pertanian itu menjadi sangat penting dan dibutuhkan  dalam pengelolaan lahan dan proses hasil panen, karena sekarang semakin sulit mencari tenaga buruh tani”, ujar Widi.
Titiek Soeharto serahkan bantuan
Hand traktor yang diserahkan kepada petani

JUMAT, 09 Oktober 2015
Jurnalis       : Koko Triarko
Foto            : Koko Triarko
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...