Tumpahan Oli Sering Akibatkan Kecelakaan di Jalinsum

Menutupi tumpahan oli dengan pasir
LAMPUNG — Tumpahan oli dari sebuah truk berwarna coklat menyebabkan beberapa kendaraan pemotor terpeleset dan terjatuh di tanjakan Jalan Lintas Sumatera KM 2 Bakauheni Lampung Selatan, Lampung, tidak terkecuali siswa yang hendak berangkat ke sekolahan dengan kendaraan roda dua.
Salah satu warga Dusun Siring Itik, Teguh mengungkapkan, peristiwa oli tumpah kerap terjadi saat malam atau dini hari sehingga tak diketahui jenis kendaraan yang mengangkut oli. Saat pagi hari oli yang tumpah tersebut bahkan mengalir di sepanjang jalan dan memgakibatkan arus lalulitas yang padat terganggu karena menghindari tumpahan oli.
“Kalau pengendara yang tak tahu dengan kecepatan tinggi terpeleset dan pernah ada yang cedera parah dan dibawa ke puskesmas terdekat,”ungkap teguh saat berbicara kepada media Cendana news, Senin (12/10/2015).
Salah seorang siswa di SMA Bakauheni bahkan harus dijahit pada pelipisnya akibat terpeleset dan terbentur aspal ketika melintasi jalanan yang terkena tumpahan oli tersebut. Warga yang mengetahui sebuah truk pembawa oli bahkan sempat mengejar untuk meminta pertanggungjawaban dan beruntung pengemudi kendaraan tersebut bersedia menanggung biaya pengobatan akibat kecelakaan yang disebabkan oli tumpah.
Sementara itu tumpahan oli yang terjadi langsung ditutupi dengan tebaran pasir yang diambil oleh anggota polisi lalu lintas Polsek Penengahan. Beberapa anggota polisi bahkan menyiapkan timbunan pasir di lokasi yang kerapkali terjadi oli tumpah tepatnya di tanjakan Siring Itik Kecamatan Bakauheni.
“Kami siapkan pasir jika terjadi oli tumpah langsung ditebarkan agar tak ada korban terpeleset jika sewaktu waktu ada tumpahan oli,”ungkap Aipda Nata yang sedang menebarkan pasir.
Ia mengungkapkan melakukan koordinasi dengan masyarakat sekitar agar segera mengejar serta melaporkan kendaraan yang melintas pembawa oli yang tumpah. Sementara untuk antisipasi di pintu keluar dihimbau kepada truk pembawa tanki minyak yang mudah tumpah agar memeriksa kondisi katup penutup tangki yang kemungkinan bisa tumpah.
“Kalau ada oli atau minyak tumpah saya harap warga segera mencatat nomor pelat mobilnya dan melaporkan kendaraan pembawa oli tumpah terutama jika berakibat kecelakaan langsung seperti pernah terjadi beberapa waktu lalu,”ungkap Nata.
Lokasi Jalan Lintas Sumatera KM 2 Bakauheni yang berada di tanjakan dari arah pelabuhan Bakauheni mengakibatkan rawan terjadi tumpahan oli terutama kendaraan arah Bandarlampung yang berjalan di tanjakan saat miring mengakibatkan oli atau minyak mudah tumpah.
SENIN, 12 Oktober 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...