Ujicoba PLTA Sentani Mampu Hasilkan Daya 5 Mega Watt

Gardu Induk 70 KV di Kampung Harapan, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura
JAYAPURA —– Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero wilayah Papua dan Papua Barat melakukan uji coba energi selama sepuluh hari yang dihasilkan di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sentani, Kabupaten Jayapura berkapasitas 70 kilo volt (KV) 20 Mpa. Dimana, saat ini PLTA tersebut mampu menghasilkan 5 Mega Watt (MW).
“Untuk energi yang dihasilkan, pernah sampai 10 mega watt, karena kondisi air saat ini kurang banyak maka turun menjadi 5 Mega Watt,” kata Paul Kiring Kaloh, Manager sektor pembangkitan Jayapura di PLTA Gardu Induk 70 KV, Sentani, Jumat (23/10/2015).
Pihaknya telah menyiapkan dua unit generator 2 x 10 mega watt (MW). Namun, saat melakukan pengujian, dilakukan satu persatu. Pengujian telah dilaksanakan sejak tanggal 12 Oktober kemarin selama 10 hari pengujian.
“Melihat kondisi sekarang agak terhambat, belum dapat dibebani secara penuh sebanyak 10 mega. Rencana setelah pengujian unit 1 ini yang sudah hari ke-empat hingga hari kesepuluh, kami lanjutkan lagi kepembangunan unit 2, sebesar 10 MW, selama 10 hari lagi,” ujarnya.
Setelah dilakukan uji coba, lanjutnya, tim sertifikasi yang diturunkan PLN dan akan mengeluarkan sertifikatnya. Dan pihaknya akan menyuplai ke beberapa wilayah area yang sudah masuk dalam daftar.
“Kalau sudah dinyatakan oke oleh tim sertifikasi, dan selanjutnya masuk Corporate Area yang masuk seluruh sistim Jayapura, Sentani kemudian sebagian ke Genyem, sedangkan untuk Sarmi, belum disuplai, karena jaringan belum ada. Kalau Keerom, sebagian kesana,” katanya.
Pihaknya sangat berharap, pada musim hujan mendatang, PLTA tersebut dapat menghasilkan hingga 12 mega watt. Dijelaskannya, untuk beban 5 mega watt, debit air 5 kubik perdetik. “Beban puncak saat ini 70 MW, jadi 5 mega per 70 MW. Tertinggi yang pernah kami capai, 72 MW,” bebernya.
Ditambahkan, General Manager PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B), Robert Sitorus, pembangkit listrik tenaga air yang ada di Genyem, Kabupaten Jayapura dikirim ke PLTA Sentani.
“20 mega watt yang dikirim dari PLTA Genyem ke PLTA Sentani ini, dan dari sinilah disalurkan ke Kota Jayapura, sementara penampungan yang ada di Skyline, Kota Jayapura menampung listrik dari PLTU yang ada di Holtecamp, Muaratami. ada 40 MW, masing-masing 20 mega watt di penampungan Skyline dan Sentani,” kata Robert.
JUMAT, 23 Oktober 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...