Warga Desa Kima Bajo Sulawesi Utara Dapat Bantuan Air Bersih

Suasana pembagian air bersih dan Kapolresta Manado
MANADO — Warga desa Kima Bajo Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut) Kamis (15/10/2015) siang mendapat bantuan air bersih dari Kepolisian Resort (Polres) kota Manado. Bantuan tersebut sangat berarti karena kekeringan yang melanda sejak enam bulan terakhir, membuat warga mengalami krisis air bersih. 
Sumur warga yang biasa penuh dengan air hingga saat ini mengalami kekeringan, bahkan air dari perusahaan air minum (PAM) milik pemerintah setempat yang biasa digunakan warga, kini sudah tidak bisa mengalir ke rumah-rumah warga akibat debit air di daerah aliran sungan (Das) Tondono yang juga mengalami kekeringan.
Bantuan air bersih yang disalurkan oleh jajaran Polresta Manado, membuat warga desa Kima Bojo beramai-ramai untuk berebut. Pembagian dan penyaluran air bersih bagi warga Kima Bajo dilakukan langsung oleh Kapolresta Manado Kombes Pol. Rio Permana Mandagi pada Kamis (15/10/2015) siang. 
Warga yang sudah mengalami kekeringan dan krisis air bersih selama lima bulan saling antri untuk bisa mendapatkan bantuan air bersih dari pihak kepolisian. Air bersih yang disalurkan oleh Polresta Manado ada delapan tangki yang bermuatan 48 ribu liter air bersih.
Salah satu warga desa Kima Bajo yang ditemui Cendana News saat pembagian air bersih mengatakan, sangat beterimah kasih dari jajaran Polresta Manado yang sudah bisa membantu warga untuk mendapatkan air bersih. Menurut Arju Tabuan, walaupun air yang dibagikan sangat terbatas, namun ini sudah membantu warga, karena sudah lebih dari lima bulan warga Kima Bajo kesulitan air bersih. 
“Kami sangat berterima kasih kepada jajaran Polresta Manado, yang langsung dipimpin oleh pak Kapolresta memberikan air bersih, walaupun kami rasa ini masih kurang, namun sudah sangat  membantu warga keluar dari krisis air bersih”, kata Tabuan.
Sementara itu Kapolresta Manado Kombes Pol. Rio Permana Mandagi kepada Cendana News Kamis (15/10/2015) menyatakan, ini program dari Kepolisian untuk meringangkan warga yang dilanda kekeringan, apa lagi warga desa Kima Bajo yang masuk dalam Kecamatan Wori, meski daerah pemerintahan berada dalam Kabupaten Minut, namun wilayah hukumnya masuk dalam Polresta Manado, sehingga kami turut membantu mereka. 
“Bantuan ini tidak banyak yang bisa diberikan kepada warga, namun kami harapkan ini bisa meringankan beban warga di desa Kima Bajo yang sampai saat ini masih mengalami kekeringan. Karena desa Kima Bajo masuk dalam wilayah hukum Polresta Manado, jadi kami bantu mereke dengan air bersih yang bisa digunakan untuk keperluan MCK”, kata mantan Kadensus 88 Mabes Polri itu.
KAMIS, 15 Oktober 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...