Warga Persoalkan Lebar Aspal Jalan Cumbi-Golocala Tidak Proporsional

Ruas jalan Cumbi-Golocala tidak proporsional

FLORES — Proyek pengaspalan ruas jalan Cumbi-Golocala yang membentang dari Kecamatan Ruteng menuju Kecamatan Satarmese terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai, Flores, NTT melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat. Tahun ini Dinas PU Kabupaten Manggarai menargetkan lagi penambahan aspal dari Desa Jaong menuju Desa Gololambo sepanjang lebih dari lima kilometer.
Namun, ada hal yang masih dipersoalkan pula oleh warga di balik langkah maju ini. Salah satu di antaranya adalah terkait dengan kondisi lebar aspal yang tampak tidak proporsional antara satu bagian dengan bagian yang lainnya. Keadaan tersebut terlihat pada titik batas antara ujung ruas jalan aspal lama dengan ujung ruas jalan aspal yang sementara dikerjakan di wilayah Desa Jaong, Kecamatan Satarmese.
Sejumlah warga setempat, Tobi Hanu dan Rafael Jerubu kepada Cendana News mengatakan, ruas jalan aspal yang sekarang sedang dikerjakan memiliki selisih lebar yang cukup besar jika dibandingkan dengan yang sudah dikerjakan sebelumnya. “Kalau kita lihat, jelas sekali ada selisih yang cukup besar antara kedua ruas jalan ini. Yang sekarang baru diaspal itu menurut saya lebih lebar jika kita dibandingkan dengan yang lama,” ungkap Rafael dibenarkan Tobi di Kampung Golonderu, Selasa (13/10/2015).
Rafael menduga, ada yang tidak beres dengan pengerjaan aspal sebelumnya. “Begitulah kalau konsultan pengawasnya tidak bekerja serius atau jarang turun ke lapangan. Kalau yang sekarang sementara dikerjakan itu lebarnya benar-benar diukur pas, pak. Konsultannya saya lihat ketat sekali. Dia tegaskan lebarnya itu mesti tepat tiga meter,” kata Rafael.
Pantauan Cendana News, selisih lebar antara ruas aspal lama dan yang baru diperkirakan mencapai 40 sentimeter. Tampak sekali ruas aspal lama jauh lebih kecil jika disandingkan dengan ukuran lebar ruas aspal yang sementara dikerjakan.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Kabupaten Manggarai, Si Ketut Suastika menyebutkan, pagu dana untuk proyek lanjutan pengaspalan ruas jalan Cumbi-Golocala ini diperkirakan mencapai Rp 3 miliar. Anggaran ini ditargetkan untuk menuntaskan pengaspalan ruas jalan sepanjang sekitar 5,7 kilometer dari Kampung Golonderu Desa Jaong hingga Kampung Purang, Desa Gololambo.

SELASA, 13 Oktober 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...