Zebra Cross, Markah Jalan yang Sering Dilanggar Pengendara

MALANG — Selain jembatan penyeberangan orang (JPO), zebra cross merupakan salah satu fasilitas yang dapat digunakan pejalan kaki untuk menyeberang jalan. 
Meskipun zebra cross memiliki fungsi sebagai tempat penyeberangan jalan yang diperuntukan bagi pejalan kaki, namun beberapa pengendara kendaraan bermotor justru nampak tidak terlalu memperdulikan hal tersebut.
Dari pantauan Cendana News, beberapa orang pengendara kendaraan roda dua justru terlihat tengah berhenti di atas zebra cross yang berada di persimpangan jalan Galunggung kota Malang. Hal tersebut tidak seharusnya dilakukan oleh pengguna jalan dalam berlalu lintas. Karena selain melanggar aturan berlalulintas, tindakan tersebut juga bisa mengganggu kenyamanan bahkan membahayakan para pejalan kaki yang ingin menyeberang jalan.
Salah satu alasan pengendara menghentikan kendaraannya tepat di atas atau bahkan melebihi marka jalan zebra cross adalah mengejar lampu hijau, seperti yang disampaikan Purnomo salah satu pengendara bermotor.
“Tadi saya niatnya mengejar lampu hijau, tapi ternyata saat sudah sampai di traffic light lampunya sudah berubah menjadi merah jadi terpaksa saya harus berhenti di atas zebra cross, mau mundur tapi tidak bisa karena sudah ada kendaraan lain di belakang,” jelasnya.
Meskipun tidak semua pengendara melakukan hal seperti yang dilakukan Purnomo, namun sebaiknya semua pengendara bermotor lebih tertib berlalu lintas dan memperhatikan keselamatan masing-masing serta orang lain terutama keselamatan pejalan kaki.
SENIN, 19 Oktober 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...