2016, Sektor Pertanian dan Industri Bakal Jadi Andalan Kaltim

Asisten Ekonomi dan pembangunan Pemprov Kaltim M Sa’bani
BALIKPAPAN — Pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur sampai akhir tahun ini diproyeksi mencapai 2 persen. Dan secara kumulatif kinerja pertumbuhan ekonomi Kaltim pada semester I tumbuh -0,28 dibandingkan dengan periode yang sama dari tahun lalu. 
Menurut Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kaltim, M. Sa’bani, tahun depan pertambangan batu bara tidak lagi menjadi sektor andalan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.  Adapun sektor yang akan didorong pada tahun 2016 yakni sektor pertanian dan sektor industri.
“Kami akan mendorong sektor pertanian agar kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi selama ini baru 5 persen, menjadi 7 persen hingga 10 persen. Kami juga berharap sektor industri tumbuh dan berkontribusi sampai dengan 30 persen,” terangnya, Jumat (27/11/2015).
Selain itu, Sa’bani mengatakan pemprov juga akan mendorong pertumbuhan pada sektor pariwisata, dimana saat ini prioritas pengembangan wisata pada dua lokasi baru yakni Danau Labuan Cermin dan wisata arung jeram di Kabupaten Mahakam Ulu. Lokasi tersebut dinilai belum memiliki infrastruktur yang maksimal.
“Jalur transportasi di Kaltim sudah semakin bagus, jalan-jalan yang ada juga sudah mulai kami perbaiki, sarana transportasi laut juga telah kami siapkan,” sambung Sa’bani. 
Sementara itu, untuk sektor pertanian optimalisasi lahan tanaman pangan sebagai langkah intensifikasi pertanian dan menyediakan saluran irigasi untuk mendukung intensifikasi tersebut. Untuk itu, Pemprov juga menginventarisasi lahan tidur produktif yang bisa dioptimalkan.
Sedangkan sektor industri, Pemprov Kaltim masih mengandalkan upaya hilirisasi komoditas minyak kelapa sawit mentah dengan mendorong pembangunan pabrik pengolahan minyak kelapa sawit mentah di KEK MBTK Maloy. 
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Ferry Cahyanti
Lihat juga...