Air Belerang Gunung Baru Jari Mulai Mengalir ke Sungai

Semburan abu vulkanik nampak terlihat jelas keluar dari Gunung Baru Jari, Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Utara NTB
MATARAM — Kepala Badan Penanggulanganan Bencana Daerah Nusa Tenggara Barat, Muhammad Azhar menyebutkan, air belerang yang muncul akibat letusan Gunung Baru Jari, Kabupaten Lombok Utara sudah mulai masuk dan mengalir ke sungai Koko Putik yang berada di sekitar kawasan Gunung Rinjani.
“Aliran air belerangnya sudah masuk dan mengalir ke sungai Koko Putik sejak tanggal 2 November 2015 sampai sekarang dan itu sudah mencapai 3 juta meter kubik,” kata Azhar kepada Cendana News di Mataram, Rabu (11/11/2015).
Sementara untuk larpa sudah mengalami penurunan, seperempatnya dibawa terbang dan sebagian lagi sudah masuk ke Danau Segara Anak, sehingga menyebabkan air danau naik hingga setengah meter dan air danau juga sudah mulai mengalir ke sungai Koko Putiq.
Dikatakan, meski air yang mengalir ke kali Koko Putiq sekarang ini masih sangat kecil dan belum sampai melimpah, namun sangat berbahaya dan sangat mematikan, karena mengandung air belerang yang beracun.
“Airnya yang mengalir ke sungai tersebut mengandung belerang dengan panas mencapai 40 derajat masih agak hangat, kalau digunakan untuk mandi sangat berbahaya karena mengan dung belerang dan bisa menimbulkan kematian,”sebutnya.
Untuk itu, dirinya meminta kepada masyarakat yang berada di sekitar kali Koko Putiq untuk tidak mencoba – coba mendekati kali, apalagi sampai menggunakan air untuk mandi dan aktivitas lain, sangat berbahaya karena mengandung racun mematikan.
JURNALIS : TURMUZI

Jurnalis Cendana News wilayah NTB. Bergabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer lepas untuk beberapa media online dan cetak.

Akun twitter : @muzitur00
Lihat juga...