Amankan Konggres XV GP Anshor, Banser Siapkan 690 Personil

Peserta konggres mulai berdatangan
YOGYAKARTA — Sehari menjelang pelaksanaan Konggres XV GP Anshor, ratusan pimpinan dan Banser se-Indonesia mulai berdatangan di komplek Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Sleman, Yogyakarta, Rabu (25/11/2015), tempat digelarnya konggres tersebut. 
Alfa Isnaeni, Kasat Kornas Banser
Kasat Kornas Banser, Alfa Isnaeni ditemui Rabu (25/11/2015) mengatakan, berkait penyelenggaraan Konggres XV GP Anshor di Komplek Ponpes Sunan Pandaran, pihaknya mengerahkan sebanyak 690 personel dari total kekuatan di wilayah DIY, Jateng dan Jatim. 
Dengan jumlah personel itu, pihaknya akan melakukan pengamanan terbuka melibatkan 550 personel dan pengamanan tertutup dengan 140 personel berpakaian preman yang berasal dari satuan koordinasi nasional (Satkornas).
Alfi mengungkapkan, pengamanan hari ini dikonsentrasikan di titik regristrasi peserta sejak pagi sampai selesai nanti. Diperkirakan, registrasi akan berlangsung sampai malam hari karena menunggu peserta yang berasal dari luar Jawa. Kecuali itu, jelasnya, sejumlah titik lain dalam rangka pembukaan esok hari juga mulai diamankan. 
Sementara itu, Alfi juga menjelaskan sistem pengamanan VVIP berkaitan dengan kedatangan Wapres juga telah dilakukan skenario dan koordinasi dengan paspampres. Pengamanan, tentu saja juga akan dilakukan selama sidang-sidang pleno, yang akan diadakan di tiga lokasi berbeda yaitu Kampus 1, 2 dan 3 yang semuanya masih berada di komplek Ponpes Sunan Pandanaran.
Selain di kawasan pondok pesantren sebagai tempat digelarnya konggres, pengamanan banser juga dilakukan di beberapa titik lainnya seperti stasiun kereta api, bandara dan juga pengamanan arus lalu lintas, agar kedatangan utusan konggres dari berbagai wilayah merasa aman dan nyaman. 
Menurutnya, dengan jumlah peserta kongres tak kurang dari 1500 utusan terdiri dari pimpinan cabang dan komandan banser, ditambah dengan jumlah panitia dan peserta sebanyak 800 orang dari Jawa Tengah sehingga diperkirakan pada saat pembukaan nanti akan hadir sebanyak 3000 orang, Pamsus Banser akan siaga sejak malam sebelumnya. Pengamanan juga dilakukan di jalan raya agar tidak terjadi kemacetan di titik lokasi.
“Kita telah berkoordinasi dengan TNI dan POLRI, tentu saja juga dengan Paspampres berkait pengamanan pada saat acara pembukaan”, kata Alfi. 
JURNALIS : KOKO TRIARKO

Jurnalis Cendana News wilayah DI.Yogyakarta. Bergabung dengan Cendana News bulan Agustus 2015. Sebelum bergabung di Cendana News, jurnalis, penulis dan fotografer di beberapa media cetak lokal.

Akun twitter @KOKOCND
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Koko Triarko
Lihat juga...