Anak Bangsa Harus Jiwai Nilai Juang Para Pahlawan

Peringatan Hari Pahlawan
AMBON — Peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan setiap tanggal 10 November bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan merebut, membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk manggapai harapan masa depan dengan terus bekerja guna mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera,”sebut Irdam Kolonel Arm Totok Imam membacakan amanat Menteri Sosial RI dalam upacara di Makodam XVI/Pattimura, Selasa (10/11/2015).
Hal ini sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, juga sebagai momentum dalam rangka menumbuh kembangkan nilai-nilai persatuan, kepalahwanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial.
Lanjutnya, peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan dan penghargaan atas nilai-nilai kejuangan.
Hari Pahlawan tahun 2015 ini mengambil tema “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”. Dijelaskan, makna dari tema tersebut adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa, agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam, untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.
“Marilah kita renugkan, langkah besar Bapak Bangsa kita seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Wahid Hasyim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Mudzakkir, Agus Salim, Abikusno Tjokrosoejoso, AA Mara-mis dan Ahmad Subarjo yang ter-himpun dalam Panitia Sembilan BPUPKI,” lanjutnya.
“Mereka telah mewariskan lima norma dan nilai-nilai yang kemudian menjadi Pancasila sebagai dasar negara, sebagai ideologi bermasyarakat dan bernegara,” pungkasnya.
Turut hadir seluruh personel mulai dari tingkat Tamtama, Bintara, Perwira dan PNS TNI jajaran Kodam XVI/Pattimura bertempat di Lapangan Makodam, Kota Ambon Provinsi Maluku.
JURNALIS : SAMAD VANATH SALLATALOHY

Jurnalis Cendana News wilayah Maluku. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi jurnalis di beberapa media cetak lokal. Bergabung Cendana News mulai pertengahan 2015.

Akun twitter : @vanlohy
Lihat juga...