Antisipasi Banjir dan Lahar Dingin, BPBD Siapkan Posko Evakuasi

MATARAM — Mengantisipasi banjir dan lahar dingin matrial akibat erupsi Gunung Baru Jari, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Badan Penanggulanganan Bencana Daerah telah mempersiapkan sejumlah posko pengamanan untuk melakukan evakuasi terhadap warga.
“Kita sudah persiapkan posko sebagai tempat melakukan evakuasi bagi warga, jika sewaktu – waktu terjadi banjir lahar dingin akibat letusan Gunung Baru Jari, mengingat sekarang sudah memasuki musim penghujan,” kata Kepala BPBD NTB, Muhammad Azhar di Mataram, Selasa (11/11/2015).
Adapun posko pengamanan tersebut antara lain berada di tiga Kabupaten yang merupakan pintu masuk pendakian Gunung Rinjani, antara lain Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Desa Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah dan Desa Bayan, Kabupaten Lombok Utara.
Azhar mengatakan, sejauh ini aktivitas dan sembuaran abu vulkanik Gunung Baru Jari masih tetap berlansung namun intensitas semburan sudah kecil, tidak seperti beberapa hari sebelumnya, selain besar, ketinggian letusan juga sampai mencapai 1500 meter.
“Meski demikian, status waspada masih tetap diberlakukan dan meminta kepada masyarakat untuk senantiasa waspada mengantisipasi segala kemungkinan tidak iinginkan termasuk potensi banjir lahar dingin,” tutupnya.
JURNALIS : TURMUZI

Jurnalis Cendana News wilayah NTB. Bergabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer lepas untuk beberapa media online dan cetak.

Akun twitter : @muzitur00
Lihat juga...