Lebaran CDN

Antisipasi Perubahan Iklim, Pemprov Sulut Akan Gelar GSM

Diskusi Publik di Manado
MANADO — Untuk mengantisipasi perubahan iklim pada sektor Pariwisata, Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pariwisata Sulawesi Utara (Sulut) akan menggelar kegiatan bersih-bersih pantai dan Gerakan Sulut Menanam (GSM). Hal ini ditegaskan Kadis Pariwisata Provinsi Sulut Happy Korah pada saat mengisi acara Diskusi Publik yang digelar oleh media di Manado, Selasa (17/11/2015).
Menurut Kadis Pariwisata Sulut Happy Korah, dampak perubahan Iklim pada sektor pariwisata sangat merugikan sektor pariwisata saat ini, karena dengan adanya Elnino atau kekeringan, maka terjadi pembakaran hutan di beberapa kawasan wisata di Sulut, sehingga merugikan sektor pariwisata.
“Dampak yang terjadi dalam perubahan iklim yaitu adanya sampah yg menumpuk di pantai dan kawasan wisata seperti di pulau Bunaken dan ini disebabkan karena hujan sudah turun sehingga sampah yang tadinya menumpuk di sungai terbawah ke laut, karena daerah aliran sungai banyak murahnya ke pantai,” kata Korah.
Lebih lanjut Korah menegaskan, Dinas Pariwisata sudah mengadakan GSM, dan ini sudah dimulai dan akan terus berlanjut. Nantinya kedepan dalam minggu ini ada ratusan ibu bayangkara juga yang dibantu masyarakat dan pelaku pariwisata akan membuat kegiatan bersih-bersih pantai dan itu akan dicanangkan mulai akhir pekan ini dan akan berlanjut terus untuk mengatasi dampak perubahan iklim pada Sektor Pariwisata.
“Saya harapkan semua satuan kerja perangkat daerah untuk membantu meningkatkan pariwisata terutama sumber daya alam yang ada di daerah untuk bersinegi agar bisa menunjang program pemerintah untuk kepentingan masyarakat,” Kata Korah pada Selasa (17/11/2015).
Sementara itu salah satu akademisi Unsrat Stevanus Mandagi dalam diskusi tersebut menyatakan, dampak perubahan iklim ini harus terus diperhatikan karena jika dibiarkan akan sangat berpengaruh pada sektor pariwisata kita, sehingga bila tidak dijaga dan diperhatikan maka bisa merugikan semua pihak terutama masyarakat.
“Sektor pariwisata itu banyak dampaknya terhadapa perubahan iklim, namun jika kita melakukan aksi yang positif maka semua akan mendapatkan hasil yang luar biasa”, kuncinya.
JURNALIS : ISHAK KUSRANT

Jurnalis Cendana News wilayah Sulawesi Utara. Bergabung dengan Cendana News sejak bulan September 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer di beberapa media online, media cetak dan radio.

Akun twitter : @IKusrant
Lihat juga...