Balikpapan Alokasikan 11 Milyar untuk Pembebasan Lahan Hutan Kota

salah satu hutan kota di Balikpapan
BALIKPAPAN—Keberadaan lahan hutan sangatlah penting untuk dilestarikan. Pemerintaah Kota Balikpapan secara bertahap melakukan pembebasan lahan hutan untuk tidak dibangun menjadi pemukiman.
“Setiap tahun diupayakan ada pembebasan lahan hutan, karena keberadaan lahan hutan masih banyak dikuasai warga sekitar,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Suryanto saat dihubungi, Selasa (3/11/2015).
Menurutnya, tahun 2016 nanti pemerintah kota mengalokasikan dana sebesar Rp 11 miliar untuk pembebasan lahan hutan kota. Rencananya ada dua lokasi dan beberapa lahan lagi karena hutan kota sangan penting agar Balikpapan tidak banjir. 
Suryanto
“Dua lokasi itu ada disekitar Bukit Cinta kelurahan dama dan kelurahan Gunung Sari Ulu,” sebutnya.
Suryanto menjelaskan pembebasan lahan hutan kota diperlukan dukungan semua pihak khususnya masyarakat. “Walaupun pemkot menyediakan dana, itu kadang-kadang nggak bisa terealisasi karena memerlukan proses panjang,” terangnya.
Untuk itu, Ia mengharapkan agar masyarakat bisa memahami terkait persoalan lahan hutan kota. Apalagi keberadaan hutan kota wajib dirawat bersama sesuai dengan amanah perundang-undangan tata ruang.
Suryanto menambahkan saat musim kemarau tidak memengaruhi terhadap kerusakan hutan kota. Hutan kota bebas dari kekeringan serta bebas dari kebakaran.
“Musim kemarau, kondisi hutan kota aman dari gangguan baik kebakaran maupun kekeringan. Mungkin karena cuaca tertutup asap dan relatif teduh, sehingga tidak menimbulkan kekeringan yang parah, jadi aman,” tutupnya.
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 
Akun twitter @fer_rry
Lihat juga...