Bawaslu Sulut Rekomendasikan Anulir Satu Paslon Pilkada Manado

Pengamanan di KPU Manado
MANADO — Badan Pengawas Pemilihan Umum Sulawesi Utara (Bawaslu Sulut) akhirnya mengeluarkan rekomendasi kepada penyelenggara pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado, untuk menganulir calon Wali Kota Manado yang diusung partai Golkar Jimmy Rimba Rogi karena tidak memenuhi syarat (TMS) untuk mengikuti Pilkada, atas status yang disandangnya sebagai mantan narapidana yang masih bebas bersyarat.
Ketua Bawaslu Sulut, Harwin Malonda menegaskan pihaknya telah mengeluarkan rekomendasi kepada KPU Manado bahwa calon Wali Kota Manado Jimmy Rimba Rogi TMS, dan rekomendasi itu kita sudah berikan pada akhir pekan lalu.
“kita sudah memberikan rekomendasi ke pihak KPU Manado bahwa pencalonan Imba TMS untuk mengikuti Pilkada”, ungkapanya singkat ketika di hubungi Cendana News pada Selasa (10/11/2015).
Selain itu pihak KPU Manado berencana hari ini menentukan rapat pleno tentang nasib Imba sapaan akbrab calon Wali kota Manado yang diusung oleh partai golkar dan partai Amanat Nasional (PAN), apakah KPU mengikuti rekomendasi Bawaslu atau KPU tetap memberikan Imba mengikuti Pilkada.
Sementara itu, pantauan Cendana News di kantor KPU Manado dan Bawaslu Sulut, penjagaan ketat dilakukan oleh aparat gabungan TNI dan Polri. Dengan senjata lengkap setiap tamu yang akan masuk ke dalam kantor lembaga penyelenggara pemilu itu harus melewati pemeriksaan terlebih dahulu, dan pemeriksaan ini dilakukan oleh semua tamu yang akan masuk termasuk awak media yang akan meliput, dan komisioner dan staf KPU setempat.
“ini hanya prosedur standar yang diterapkan oleh pihak keamanan untuk mencegah agar tidak terjadi gangguan keamanan yang diharapkan” kata Wakapolresta Manado AKBP Enggar Brotoseno yang memimpin pengamanan di kantor KPU Manado. 
JURNALIS : ISHAK KUSRANT

Jurnalis Cendana News wilayah Sulawesi Utara. Bergabung dengan Cendana News sejak bulan September 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer di beberapa media online, media cetak dan radio.

Akun twitter : @IKusrant
Lihat juga...