Beasiswa Supersemar Antarkan Ilyas Berkarier di Instansi Pemerintah

Penerima beasiswa, Ilyas
KENDARI— Beasiswa yang diberikan Yayasan Supersemar sangat dirasakan manfaatnya sampai bisa menyelesaikan pendidikan Strata satu di Universitas Haluoleo ( UHO),  sebuah perguruan tinggi kenamaan di Kota di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan saat ini bekerja di salah satu instansi pemerintah di Jakarta. 
“Saya sangat terbantu dengan bantuan beasiswa Supersemar,” ujar pria asal Kabupaten Buton yang kini menetap di Kota Bogor Jawa Barat.
Ilyas saat kuliah  di Fakultas Ekonomi UHO mengaku setiap bulan mendapat bantuan Rp 35.000. Bantuan beasiswa itu diterima langsung dari bendahara Rektorat UHO setiap semester. Total yang diterima dalam satu semester Rp. 210.000. Sedangkan pembayaran SPP Rp. 90.000 per semester. 
“Dengan beasiswa yang saya terima, telah memback up pembayaran SPP saya setiap semester. Sisa beasiswa yang saya terima digunakan membeli buku literatur dan kebutuhan kuliah lainnya,” jelasnya kepada Cendana News, Selasa (24/11/2015).
Mantan aktivis HMI Kendari ini membeberkan, syarat utama untuk mendapatkan beasiswa Supersemar dilihat dari nilai Indeks Prestasi (IP). IP mahasiswa harus di atas  2,7. Ilyas sendiri nilai IP nya di atas 3,0. 
Nilai IP dipantau terus pihak fakultas selama 3 semester. Bila nilai IP dapat dipertahankan selama 3 semester, maka diusul ke Yayasan Supersemar untuk mendapatkan bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, tapi secara ekonomi dianggap tidak mampu.
Jika lolos dalam seleksi penerima bantuan beasiswa Supersemar, maka tahap selanjutnya dipanggil wawancara di Rektorat UHO. 
“Alhamdulillah saya dinyatakan  masuk kategori penerima beasiswa,” kata Ilyas yang pernah menjadi staf tenaga ahli di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.
Ilyas mengaku menerima beasiswa selama 4 tahun lamanya. Terhitung sejak tahun 1991 sampai tahub 1995. Selama menerima beasiswa, dia hanya fokus secepat mungkin menyelesaikan studi di Fakultas Ekonomi UHO.
 [baca juga: La Ode Masrafi: Beasiswa Supersemar Sukses Memanusiakan Manusia]
JURNALIS : RUSTAM

Jurnalis Cendana News wilayah Sulawesi Tenggara. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi wartawan di beberapa media cetak lokal maupun nasional. Gabung dengan Cendana News Oktober 2015. 

Akun twitter : @rustamcnd 
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Rustam
Lihat juga...