Belajar Dunia Usaha di Jagongan Matoh Tuban

TUBAN — Di Kabupaten Tuban, Jawa Timur setiap hari Rabu digelar “Jagongan Matoh” di bekas terminal Tuban yang kini dibangun menjadi tempat Rest Area. Kegiatan tersebut itu merupakan acara talk show yang di gagas oleh Dinas Perekonomian dan Pariwisata bersama dengan PANAMA grup, ujar Amin Jaya selaku Direktur Panama Grup dan Ketua Pelaksana.
“Gagasan ini adalah gagasan bersama. Gagasan muncul saat ngobrol-ngobrol ringan antara Dinas Perekonomian dan Pariwisata dengan PANAMA grup,” ucapnya.
Nama Jagongan Matoh sendiri diambil dari kata Jagongan yang berarti obrolan dan kata Matoh yang merupakan ungkapan bahasa khas daerah tuban dan sekitarnya yg artinya baik. Jadi Jagongan Matoh berarti obrolan baik atau obrolan positif.
Disebutkan, pemberian nama kegiatan ini Jagongan Matoh agar menimbulkan kesan bahwa ini bukan seminar, pelatihan atau kursus tapi ini jagongan atau obrolan agar warga tidak takut untuk datang. Semua warga Tuban bisa datang ke acara ini secara gratis.
“Episode pertama Jagongan Matoh yaitu hari Rabu 1 Okt 2014,” ungkapnya
Terselenggaranya acara ini dilatarbelakangi oleh kecintaan kami terhadap dunia usaha maupun UKM. 
“Kami ingin mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat untuk bisa mandiri dan mau berwirausaha,” tuturnya.
Visi kami dalam menyelenggarakan Jagongan matoh ini yaitu menciptakan 100 ribu pengusaha baik pemula maupun yang sudah eksis dan mencoba ikut berkontribusi pada Kabupaten Tuban dari sisi pengembangan dunia usaha. Sedangkan misi kami adalah bisa melayani masyarakat dari segi edukasi bisnis melalui talk show gratis.
JURNALIS : AGUS NURCHALIQ

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur/Malang. Gabung dengan Cendana News Maret 2015. 

Akun twitter : @shugabst2
Lihat juga...