Bendungan Batujai, Peninggalan Pak Harto untuk Petani Lombok

LOMBOK — Bendungan Batujai Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat merupakan bendungan pertama dan terbesar di Kabupaten Lombok yang diresmikan secara lansung oleh Presiden Soeharto pada tahun 1982 yang diperuntukan mendukung pembangunan dan peningkatan swasembada pangan nasional.
“Selain itu dibuatnya bendungan Batujai juga tidak terlepas dari keberadaan wilayah bagian selatan Pulau Lombok yang kerap mengalami kekeringan setiap musim kemarau tiba dan jarang hujan,” kata Amir petani Desa Batujai kepada Cendana News, Rabu (18/11/2015).
Tekstur tanah yang merupakan tanah tadah hujan yang bisa ditanami hanya dalam satu tahun sekali dengan luasan lahan mencapai ratusan ribu hektar menjadi alasan kuat mengapa Presiden Soeharto membentuk bendungan Batujai.
Imron, petani Desa Batujai lain masih terkenang betul bagaimana sebelum bendungan Batujai dibangunkan Presiden Soeharto, curah hujan yang minim dengan tanah kering membuat petani sering gagal panen, karena tanaman padi mati akibat kekurangan air.
Tapi setelah ada bendungan Batujai termasuk dengan adanya pola tanam padi “Gugur Ancah” peninggal mantan Gubernur NTB, Warsito masyarakat mulai bisa merasakan nikmatnya makan beras dan tidak lagi mengalami kesulitan, karena panen selalu berhasil dan jarang mengalami kegagalan.
“Dulu kita hanya bisa menanam padi hanya sekali, setelah ada bendungan Batujai masyarakat bisa menanam padi dua sampai tiga kali, termasuk menanam tanaman palawija lain, meski di musim kemarau dan itu tidak hanya masyarakat Batujai, masyarakat di luar bahkan juga keciprat merasakan manfaat dari keberadaan bendungan Batujai,”sebutnya.
Kini bendungan yang dibangun dan diresmikan Presiden Soehato tersebut nampak masih tetap berdiri kokoh dan bisa dinikmati manfaatnya oleh masyarakat tidak saja Desa Batujai, tapi juga masyarakat desa lain dan mampu mengairi lahan dan tanaman pertanian seluas 3.500 hektar are
Selain Bendungan Batujai, bendungan lain yang dibangun dan diresmikan pada era Presiden Soeharto di Kabupaten Lombok Tengah untuk mendukung peningkatan swasembada pangan nasional adalah bendungan Pengge, Kecamatan Praya Barat Daya, bendungan Batu Bokah Desa Banyu Urip.
JURNALIS : TURMUZI

Jurnalis Cendana News wilayah NTB. Bergabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer lepas untuk beberapa media online dan cetak.

Akun twitter : @muzitur00
Lihat juga...