BPBD Manado Siapkan Rencana Kontegensi Saat Bencana

Kantor BPBD Manado
MANADO — Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kota Manado telah menyiapkan rencana kontegensi untuk mengatasi bencana di musim hujan. Persiapan itu telah dilakukan Pemerintah daerah dengan melakukan pertemuan bersama Instansi terkait untuk melakukan rencana kontegensi, atau kesiap-siagapan saat terjadi bencana di Manado
“Kita sudah memiliki rencana kontegensi dari siapa dan untuk apa jika memang bencana banjir dan tanah longsor datang,”ungkap Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Manado, Sinyo Masikome saat ditemui Cendana News, Rabu (04/11/2015) usai mengisi materi diskusi di salah satu media di Manado.
  
Lebih lanjut Masikome menegaskan, sebelum masuk musim hujan pihak BPBD telah memberikan himbauan kepada masyarakat dengan mendirikan dan memasang beberapa papan pengumunan terutama di daerah rawan bencanan banjir dan tanah longsor. 
“Khusus untuk di daerah rawan longsor dan di bantaran sungai Tondano, kita sudah memasang beberapa papan pengumunan untuk mengantisipasi jika terjadi bencana,” ungkapnya.
Ia menambahkan, pihak BPBD selalu melakukan pertemuan dan berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiski (BMKG), untuk mengetahui perkembangan dan perubahan cuaca terutama di bulan November yang telah memasuki musim hujan. 
“Himbauan dari BMKG kita selalu perhatikan, dan langsung ditindak lanjuti, agar bisa melakukan antisipasi kepada masyarakat jika terjadi perubahan cuaca yang ekstrim”, pungkasnya.
Mobil BPBD
JURNALIS : ISHAK KUSRANT
Jurnalis Cendana News wilayah Sulawesi Utara. Bergabung dengan Cendana News sejak bulan September 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer di beberapa media online, media cetak dan radio.
Akun twitter : @IKusrant
Lihat juga...