Diduga Bumbu Mengandung Babi, Solaria Balikpapan Terancam Ditutup

Wali kota Balikpapan Rizal Effendi
BALIKPAPAN — Pemerintah Kota Balikpapan memastikan akan menutup sementara usaha Solaria Balikpapan Plaza apabila terbukti menggunakan bahan-bahan non halal. 
“Kita akan bahas yang libatkan asisten I Setdakot apakah ditutup sementara sampai mereka mengganti bahan-bahan yang halal,” ungkap Wali kota Balikpapan Rizal Effendi ketika ditanya mengenai temuan LP POM dan MUI Balikpapan. 
Ia menjelaskan dari hasil uji lab LP POM MUI akan dibahas secara internal pemerintah kota Balikpapan. Karena inikan ada investasi, pilihannya antara ditutup atau tutup sampai mengganti bahan bahan bumbu yang digunakan halal. 
Untuk saat ini, pihaknya belum berencana meninjau lokasi dapur Solaria. Karena masih dibahas internal pemerintah dan menunggu laporan MUI Balikpapan terkait informasi tersebut.
Dikesempatan yang berbeda Sekretaris MUI Balikpapan. Jailani mengungkapkan, lembaga pengkajian pangan obat-obatan dan komsetik (LP POM) MUI Balikpapan menemukan bahan-bahan bumbu yang digunakan Solaria Balikpapan Plaza mengandung babi. Sehingga produk yang dijual dinyatakan tidak halal.
“Sebulan lalu kita periksa dan hasilnya kemarin. Dan itu sudah dibuatkan dokumen khusus
oleh dinas pertanian karena timnya disana,” tegasnya, Rabu (25/11/2015).
Jailani mengatakan, saat berita acaranya sudah dibuat dan akan dilaporkan ke Wali kota untuk diambil tindakan. Sedangkan BPOM Kaltim akan melaporkan hal ini ke BPOM Pusat.  
Jailani menambahkan sertifikat halal yang dikantongi Solaria diterbitkan oleh
LPOM Pusat.  Juga disebutkan, dari laporan yang diterima, bumbu-bumbu itu diakui pegawai Solaria didatangkan semua dari Jakarta. 
“ Kita tunggu saja selanjutnya proses ini. Sementara ini kita hanya bisa himbau karena sudah ada temuan-temuan ini masyarakat untuk segera berhati-hati berkaitan dengan makanan yang bercampur dengan bahan yang tidak halal ini,” imbuhnya. 
Sementara itu, Penanggungjawab Solaria Balikpapan, Ila Baiti ketika didatangi media awalnya
menolak menjelaskan. Namun setelah diminta konfirmasi ia mengatakan tidak tahu menahu soal bahan-bahan itu. 
“Semua bahan itu dari pusat kita tinggal gunakan. Tapi kan disana juga sudah ada sertifikat halalnya,” ujarnya.
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Ferry Cahyanti
Lihat juga...