Enam Kelurahan Di Balikpapan Berhasil Tekan AKI dan AKB

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi
BALIKPAPAN — Upaya menekan angka kematian ibu melahirkan dan bayi terus dilakukan Pemerintah kota Balikpapan. Wali kota Balikpapan Rizal Effendi mengapresiasi pada enam kelurahan yang sudah berhasil menekan angka kematian ibu dan anak hingga 100 persen tersebut artinya tanpa ada satu pun angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). 
“Patut diapresiasi dan ditiru keberhasilan enam kelurahan itu oleh kelurahan lainnya. Dimana jumlah kelurahan di Balikpapan sekitar lebih dari 27. Berarti program kesehatan melalui posyandu berjalan dengan baik,” ucapnya di sela aktivitasnya perayaan Hari Kesehatan Nasional, di halaman Kantor Pemkot Balikpapan. 
Melalui hari kesehatan ini, pemkot menargetkan pelayanan kesehatan secara maksimal di berbagai sektor. 
“Target kami memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal dan membangun budaya preventif itu perlu dilakukan di masyarakat,” kata Rizal, Selasa (17/11/2015).
Rizal menambahkan komitmen menjadikan kota Balikpapan sebagai kota sehat dan dapat menekan tingkat penyakit serta penderitanya. 
“Kita ingin Balikpapan sebagai kota sehat dan tidak berkembang tingkat penyakitnya atau penderitanya,” serunya.
Diketahui enam kelurahan itu adalah Kelurahan Prapatan, Gunung Sari Ilir, Muara Rapak, Lamaru, Damai Baru dan Kariangau.
Di kesempatan yang sama Lurah Prapatan Slamet Djunaidi mengatakan, hasil yang diperoleh ini berkat kerjasama dengan warga, puskesmas dan kader-kader posyandu sehingga keberhasilanpun dicapai. 
“Berkat kekompakan kami antara kelurahan, Puskemas dan kader-kader Posyandu, keberhasilan itu tercapai,” ujarnya.
Selain itu, pihaknya juga rutin setiap bulan ada kegiatan Pola Hidup Berperilaku Sehat (PHBS) dan diposyandu dengan pemeriksaan anak serta sering melakukan senam bagi warga lanjut usia.
Ia berharap kelurahannya dapat mempertahankannya dan kegiatan program PHBS dapat terus ditingkatkan. 
JURNALIS : FERRY CAHYANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 

Akun twitter @fer_rry
Lihat juga...