Erupsi Gunung Baru jari, Seluruh Penerbangan Dari dan Menuju BIL Ditutup

Bandara Internasional Lombok

LOMBOK — Tiupan angin kencang yang mengarah ke selatan pada rabu siang mengakibatkan debu letusan Gunung Baru Jari terbawa angin ke wilayah udara bagian selatan Pulau Lombok, dan mengakibatkan gangguan penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat.
“Debu letusan Gunung Baru Jari sudah mengarah ke wilayah udara bagian selatan Pulau Lombok, yang merupakan jalur penerbangan udara, sehingga terpaksa semua penerbangan ditunda sejak pukul 18.30 sampai dengan 09.30 WIT besok” Kata Juru bicara BIL, Gede Eka Sani via telepon petang tadi, Rabu (04/11/2015).
Gede mengatakan, jumlah pesawat yang gagal berangkat dan ditunda keberangkatannya sampai kamis (5/11) berjumlah 3 maskapai dengan total penumpang mencapai 463 orang, sementara, pesawat yang datang dan ditunda, jumlahnya ada 9 maskapai, dengan total penumpang mencapai 506 orang.
Penutupan semua penerbangan sendiri dilakukan setelah pihak angkasa pura melakukan kordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan BIL, kalau debu akibat letusan gunung Baru Jari tersebut mengganggu jarang pandang dan penerbangan.
“Dengan kondisi tersebut, tentu pihak angkasa pura maupun semua maskapai penerbangan tidak mau mengambil resiko, keselamatan penumpang tentu lebih utama dan semua penumpang bisa memahami hal tersebut, karena merupakan fenomena alam, bukan karena kesengajaan,” ungkapnya.
JURNALIS : TURMUZI
Jurnalis Cendana News wilayah NTB. Bergabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis dan fotografer lepas untuk beberapa media online dan cetak.
Akun twitter : @muzitur00
Lihat juga...