Gempa 5,6 SR Guncang Sebagian Jawa Bagian Selatan

YOGYAKARTA — Gempa 5,6 skala richter yang terjadi pada 18:45:25 WIB di LS,110.19 BT (120 km BaratDaya BANTUL-DIY). Guncangan gempa terasa keras di daerah-daerah selatan Provinsi DIY, Jawa Tengah, sebagian Jawa Barat dan Jawa Timur.

Beberapa daerah yang melaporkan bahwa masyarakat merasakan guncangan cukup keras meliputi Ciamis bagian selatan, Cilacap, Purworejo, Kebumen, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Klaten, Boyolali, Wonogiri, Wates, Bantul, Wonosari, Kota Yogyakarta, Pacitan dan Trenggalek.

Salah satu warga di kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Provinsi DI Yogyakarta yang juga seorang psikolog, Dwi Estiningsih M. Psi saat dihubungi Cendana News menyebutkan, gempa lumayan besar dan agak lama.
“Iya… barusan gempa, kugendong anak-anak lari keluar. Gempanya lumayan lama dan agak gede,”sebutnya diujung seluler, Rabu (11/11/2015).
Ia juga menyebutkan, saat gempa yang mengguncang hampir 30 detik tersebut sempat menyebabkan panik dan mencari anak pertamanya, umar (3) yang sedang bersembunyi.
“Iya lumayan, masih sempet lari cari-cari umar yang lagi sembunyi,”sebutnya.
Hal yang serupa juga disebutkan oleh warga Pakuncen Yogyakarta , Gunawan. Dia mengatakan gempa tersebut terjadi agak lama.
“Lumayan kencang, sekitar 30 detik,”ungkap pria pemilik Barokah Property Yogyakarta yang juga memiliki usaha dibidang pariwisata dan entertainment.
Sementara itu, informasi BMKG, gempat yang dirasakan di beberapa daerah di provinsi Yogyakarta tidak berpotensi tsunami. Sedangkan untuk kerusakan akibat gempa hingga saat ini belum diketahui.

JURNALIS : SARI PUSPITA AYU

Pimpinan Umum sekaligus penyusun konsep Cendana News pada awal September 2014 setelah sebelumnya bersama dengan Abdul Rohman dan Gani Khair menjadi penggerak Soeharto Center di wilayah Indonesia Tengah. 

Twitter: @saripuspitaayu

Lihat juga...