Gunakan Perahu, Siswa Pulau Rimau Balak Semangat Menimba Ilmu

Fotografi
Gunakan Perahu, Siswa Pulau Rimau Balak Semangat Menimba Ilmu
Karya : Henk Widi
Lokasi, Lampung, Rabu, 11 November 2015

Tinggal di seberang pulau tak menghalangi siswa di SDN 5 Sumur Kecamatan Ketapang Lampung Selatan untuk berangkat ke sekolah. Seperti umumnya warga di Pulau Rimau Balak yang melakukan aktifitas untuk ke Pulau Sumatera menggunakan perahu para siswa sebagian berangkat sekolah menggunakan perahu milik orangtua mereka.
Kondisi geografis menjadikan sarana transportasi perahu menjadi pilihan bagi siswa, tenaga pendidik serta masyarakat untuk beraktifitas. Jarak yang cukup jauh yang harus ditempuh menyusuri pulau juga dilalui para siswa jika kondisi ombak di perairan sedang tidak bersahabat.
Selain kondisi sekolah yang berada di Pulau Rimau Balak cukup minim semangat siswa untuk bersekolah masih tetap tinggi. Siswa harus melewati perairan menuju sekolah mereka saat kondisi cuaca cukup baik. Selain mendayung siswa tetap menggunakan perahu bermesin sederhana untuk mempercepat waktu tempuh.
Setelah menyusuri perairan di sekitar Pulau Rimau Balak dan Pulau Sumatera, setiap pagi siswa yang berangkat menggunakan perahu untuk bersekolah menambatkan perahunya di dermaga sederhana terbuat dari kayu kayu yang ada di pulau tersebut.
Perjalanan siswa saat berangkat menuju sekolahnya tersebut terekam dalam kamera jurnalis Cendananews.com yang mengunjungi SDN 5 Sumur yang berada di Jl. Selat Sunda Pulau Rimau Balak beberapa waktu lalu. Berikut aktifitas siswa siswa saat akan berangkat ke sekolah mereka menggunakan perahu: 

 

Lihat juga...