HKN Ke-51, Dinkes DI Yogyakarta Imbau Waspadai Penyakit Menular

Simulasi SADARI
YOGYAKARTA — Seiring masuknya musim penghujan, Dinas Kesehatan Provinsi DIY meminta masyarakat mewaspadi demam berdarah dan leptospirosis yang angka kejadiannya cukup tinggi didaerah tersebut. 
Hal itu diungkapkan Kadinas Kesehatan Provinsi DIY, Arida Utami, M.Kes, usai gelar acara puncak Hari Kesehatan Nasional (HKSN) di Taman Budaya Yogyakarta, Selasa (24/11/2015).
Arida Utami
Didampingi Kepala Bidang P2MK, Aryanto, Arida mengungkapkan, selain demam berdarah dan leptospirosis, saat ini berbagai penyakit menular lainnya juga harus lebih diperhatikan yaitu hepatitis, TBC, dan diare. 
Dikatakan, sampai pada bulan September 2015 ini angka penderita demam berdarah mencapai 2.823 orang di lima kabupaten dan kota. Dari jumlah tersebut, 31 orang di antaranya meninggal dunia. Sememtara itu, penderita leptospirosis sebanyak 131 orang dengan 13 orang meninggal dunia. 
“Harus mewaspadai penyakit-penyakit menular itu, antara lain dengan cara sederhana seperti membasmi jentik,”sebutnya.
Disebutkan, untuk proses pencegahan pihaknya melakukan berbagai progam, diantaranya percepatan diagnistis dengue dan mengkampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).  Percepatan diagnostis penderita leptospirosis. Serta menggalakkan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu).
Sementara itu berkait dengan Hari Kesehatan Nasional, Arida mengatakan, tema kali ini adalah Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri. HKN, menjadi momen strategis untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya kesehatan sebagai modal utama dan dan mendasar untuk mewujudkan sumber daya manusia dalam pembangunan bangsa. 
Diharapkan sinergitas berbagai pihak agar senantiasa kesehatan masyarakat bisa ditingkatkan. 
Dalam puncak peringatan HKN, digelar pula simulasi SADARI, yaitu pemeriksaan payudara sendiri sebagai upaya deteksi dini kanker payudara. Simulasi dioeragakan oleh kader-kader kesehatan dari Kabupaten Sleman. Selain itu juga dilakukan peluncuran website kesehatan remaja dan pemberian lengjargaan kepada 50 individu dan instansi atas pengabdiannya di bidang kesehatan. 
Hadir dalam acara tersebut, Sekda Pemda DIY mewakili Gubernur DIY Sultan HB X, jajaran SKPD dan sejumlah tamu undangan lainya. 
JURNALIS : KOKO TRIARKO

Jurnalis Cendana News wilayah DI.Yogyakarta. Bergabung dengan Cendana News bulan Agustus 2015. Sebelum bergabung di Cendana News, jurnalis, penulis dan fotografer di beberapa media cetak lokal.

Akun twitter @KOKOCND
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Koko Triarko,
Lihat juga...