HMJ Seni dan Desain UM Melogikakan Karma Melalui November Art


MALANG—Bertempat di Gedung Sasana Krida Universiatas Negeri Malang (UM), Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang (HMJ UM) menggelar acara November Art yang merupakan salah satu program kerja dari HMJ seni dan desain. Acara yang diadakan setiap dua tahun sekali ini, pertama kali diselenggarakan pada tahun 2011.
Menurut Andian Deftrianto selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa acara November Art pada tahun ini mengambil konsep yang berbeda dengan dua konsep acara sebelumnya.
“Jika pada tahun 2011 kami fokus pada pameran stan dan pada tahun 2013 fokus ke pameran karya, maka acara November Art tahun ini kami menggabungkan dua konsep acara sebelumnya,” jelasnya.
Didalam Gedung Sasana Krida ini kami gunakan untuk menggelar pameran seni rupa mulai dari dua dimensi, tiga dimensi dan instalasi. “Terdapat kurang lebih 50 karya seni yang dipamerkan. Karya-karya tersebut tidak hanya berasal dari mahasiswa UM saja tetapi juga karya dari mahasiswa universitas lain seperti UNS Solo, ITS Surbaya, UNJ Jakarta dan Unesa Surabaya,”ungkapnya. Sedangkan dibagian luar gedung kami gunakan untuk pameran bazar makanan, Komunitas dan pakaian, imbuhnya.
Untuk tema kali ini kami mengambil tema “Karmalogi”. Tema tersebut memiliki pengertian bahwa semua hal yang dilakukan manusia adalah hasil tindakannya di masa lalu, sekarang dan masa depan, karena karma merupakan pengumpulan akibat dari perilaku, sikap dan tindakan dari kehidupan yang dialami manusia. 
“Melogikan karma sebagai sebuah tema dalam perhelatan seni, merupakan tema yang mencakup banyak hal dan semua saling berkaitan menjadi serentetan peristiwa yang dialami oleh manusia dikarenakan perbuatannya,” jelasnya.
Andian kemudian menjelaskan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mengangkat seni di Indonesia khususnya di Malang. Karena menurutnya pecinta maupun pengamat seni di Malang masih sedikit. 
Selain membidik pecinta dan pengamat seni melalui November Art, Andian juga menyampaikan bahwa dalam rangkaian acara November Art ada yang diadakan untuk anak-anak usia sekolah, mulai dari TK (Taman Kanak-Kanak) hingga SMA (Sekolah Menengah Atas). Hal ini dilakukan dengan harapan rasa kecintaan pada seni bisa dipupuk sejak usia dini. 
Untuk Taman Kanak-Kanak diadakan acara lomba mewarna, untuk siswa Sekolah Dasar diadakan acar lomba menggambar. Sedangkan untuk siswa SMA diadakan lomba tari kreasi yang diadakan di Brawijaya Eco Park. 
Acara disempurnakan dengan pameran seni rupa, bazar, seminar animasi dan fotografi, yang secara keseluruhan akan berakhir pada tanggal 6 November 2015 mendatang.. Harapannya, keseluruhan rangkaian acara November Art ini bisa mengedukasi masyarakat untuk semakin menghargai seni.
“Jangan remehkan seni, karena seni juga diperlukan dalam kehidupan manusia,”pungkasnya. (Baca Berita Foto : Karya Hebat yang Dipamerkan dalam November Art di Malang)
JURNALIS : AGUS NURCHALIQ
Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur/Malang. Gabung dengan Cendana News Maret 2015.

Lihat juga...