Indonesia Eximbank Dorong UKM Kalimantan untuk Ekspor

Konfrensi pers Indonesia Eximbank di Balikpapan

BALIKPAPAN — Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Indonesia Eximbank mendorong usaha kecil untuk meningkatkan usahanya dengan mendorong melakukan ekspor. 
“Lembaga pembiayaan ekspor Indonesia berdiri sejak 2009. Kehadiran untuk mendorong ekspor atau Suport ekspor. Eximbank bukan komersial bank Modal sepenuhnya pemerintah sehingga tujuan dan program untuk mendorong ekspor,” Jelas Ngalim Sawega Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank dalam keterangan persnya, Kamis sore (05/11/2015).
Ngalim mengatakan, sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam membangun perekonomian nasional, Indonesia Eximbank secara konsisten menjalankan strategi usaha yang dirancang untuk menunjang pertumbuhan ekspor nasional.
Untuk itu, Indonesia Eximbank mulai hari ini hadir di Balikpapan karena wilayah Kalimantan memiliki kontribusi ekspor rata-rata sebesar 22,2 persen terhadap total ekspor Indonesia.
Ngalim menjelaskan Propinsi Kalimantan Timur sendiri, berkontribusi rata-rata 16,35 persen terhadap total ekspor Indonesia.
“Komoditi ekspor utama Kalimantan diantaranya Bahan bakar mineral, Karet dan Produk Karet; Kayu dan Produk Kayu; Biji logam; dan Pupuk,” jabarnya. 
Sementara itu, Portofolio pembiayaan Indonesia Eximbank di Kalimantan per September 2015 sebesar 15,6 persen dari total pembiayaan (senilai Rp11,5 triliun).  Dibandingkan akhir tahun 2014, pertumbuhan pembiayaan Indonesia Eximbank di Kalimantan mencapai 59,2 persen.
Perlu diketahui, Indonesia Eximbank merupakan lembaga keuangan khusus milik Pemerintah Republik Indonesia yang didirikan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).
Saat ini Indonesia Eximbank telah memiliki 4 Kantor Wilayah, yang berlokasi di Medan, Surabaya, Surakarta, dan Makassar.
JURNALIS : FERRY CAHYANTI
Jurnalis Cendana News wilayah Balikpapan, gabung dengan Cendana News sejak awal tahun 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, menjadi jurnalis di beberapa media online dan cetak lokal. 
Akun twitter @fer_rry

Lihat juga...