Jaga Kearifan Budaya Lokal, EM UB Gelar Kampung Budaya

Pentas seni budaya lokal
MALANG — Dengan dilatarbelakangi kecintaan dan keinginan untuk tetap menjaga kearifan budaya lokal, Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya (EM UB) melalui Kementerian Pemuda Olahraga dan Budaya, untuk ketiga kalinya menggelar acara Kampung Budaya di gedung Samantha Krida. Acara yang di gelar selama dua hari 26-27 November 2015 diikuti oleh 42 Forda (Forum Daerah) yang ada di Malang.
Wakil Ketua Pelaksana, Nanda Kristia menjelaskan, kegiatan Kampung Budaya sudah menginjak tahun ketiga sejak di gelar pertama kali pada tahun 2013 dan diikuti oleh 42 Forda yang ada di Kota Malang diantaranya Pati, Sumenep Bangkalan, Kalimantan Timut, Sulawesi, Bandung, Kalimantan Barat, Tangeran, Lampung Palembang, Bekasi, Jambi, Kepulauan Riau, Probolinggo, Bali dan berbagai daerah lain yang ada di Indonesia. 
“Jumlah Forda yang mengikuti acara Kampung Budaya pada tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 12 Forda,” jelasnya kepada Cendana News, Jumat (27/11/2015)..
Tema Kampung Budaya kali ini adalah Traditional Goes To International. Dengan tujuan tidak hanya mengangkat budaya Indonesia di dalam negeri saja, tetapi juga ingin mengangkat dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyrakat luar negeri melalui mahasiswa asing yang kuliah di Malang.
Untuk rangkaian acara Kampung Budaya sendiri sudah di mulai sejak hari Kamis kemarin dengan gelaran pawai kebudayaan. Sedangkan di hari kedua ada Kampung Budaya dimana setiap Forda memperoleh kesempatan untuk memperkanalkan sekaligus mempromosikan kebudayaan, makanan khas hingga tempat pariwisata yang ada di daerah mereka masing-masing kepada para pengunjung.
Diharapakan, dengan diadakannya acara Kampung Budaya ini, semua masyarakat terutama mahasiswa bisa tetap menjaga kearifan budaya lokal. Jangan sampai terbelenggu oleh kebudayaan asing.
“Kita jangan malu menonjolkan kebudayaan Indonesia, kita harus menunjukkan bahwa Bangsa Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh bangsa lain,”tutupnya. 
Salah satu stand dalam kampung budaya

Pengunjung padati stand kampung budaya
JURNALIS : AGUS NURCHALIQ

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur/Malang. Gabung dengan Cendana News Maret 2015. 

Akun twitter : @shugabst2
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Agus Nurchaliq
Lihat juga...