Jelang Pilkada, Pj Bupati Konawe Selatan Lakukan Mutasi

Irawan Laliasa
KENDARI—Pejabat Bupati Konawe Selatan (Konsel) Irawan Laliasa, direkomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk diperiksa dugaan pelanggaran peraturan perundang-undangan, karena melakukan mutasi pegawai negeri sipil (PNS) secara mendadak, menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang.
Padahal Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49/2008 tentang tugas dan kewenangan Pj bupati, menyebutkan bahwa bila seorang Pj bupati akan melakukan mutasi PNS, terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).  Namun sangat jelas, tanpa persetujuan Mendagri, Irawan merotasi beberapa kepala SKPD Konsel. Apalagi masalah mutasi itu dikait-kaitkan  dengan UU Nomor 8/2015 tentang Pilkada, yang syarat dugaan unsur politis.
Irawan Laliasa
Karena diduga melakukan pelanggaran peraturan perundang-undangan menjelang pelaksaan Pilkada, maka Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu)  Konsel, merekomendasikan Irawan ke ASN melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sultra.
“Pj bupati Konsel sudah kami rekomendasikan ke ASN untuk ditindaklajuti mutasi yang dilakukan tanpa persetujuan Mendagri. Sebelum direkomendasikan, Panwaslu sudah memanggil  dua kali untuk mengklarifikasi mengenai mutasi, tapi tidak pernah hadir,” kata Hajaruddin, Ketua Panwaslu Konsel kepada wartawan.
Masalah mutasi mendadak itu juga menjadi perhatian Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia  (ORI) Provinsi Sultra. “Kami akan melakukan investigasi secara mendalam mutasi yang dilakukan Pj bupati Konsel,” kata Aksah, Kepala Perwakilan ORI Sultra.
Belum ada konfirmasi Irawan Laliasa melakukan mutasi menjelang pelaksanaan Pilkada Konsel. Namun demikian, alasan yang mengemuka di Konsel bahwa mutasi dilakukan demi kepentingan roda organisasi pemerintahan daerah dan tidak ada hubungannya dengan pelaksanaan Pilkada.
JURNALIS : RUSTAM

Jurnalis Cendana News wilayah Sulawesi Tenggara. Sebelum bergabung dengan Cendana News sudah menjadi wartawan di beberapa media cetak lokal maupun nasional. Gabung dengan Cendana News Oktober 2015. 
Akun twitter : @rustamcnd 
Lihat juga...